Ciptadent-4-Penyakit-Di-Rongga-Mulut-Menyerang-Saat-Lanjut-UsiaSemakin tua usia seseorang maka membuat tingkat kesehatannya akan semakin menurun. Menurunnya tingkat kesehatan karena faktor ā€œUā€ ini pada akhirnya membuat seseorang rentan terserang penyakit. Salah satu penyakit yang bisa menyerang seorang lansia adalah penyakit rongga mulut, termasuk gigi. Kesehatan gigi dan mulut yang menurun pada lansia ini umumnya terjadi karena kurangnya perawatan terhadap gigi dan rongga mulut.

Dengan menurunnya tingkat kesehatan gigi dan mulut di usia tua ini tentu Anda tak boleh meremehkan. Sebab, jika dibiarkan maka bisa berdampak pada bagian tubuh yang lain. Seperti pada kasus kehilangan gigi, ketika Anda membiarkannya maka tubuh Anda akan kekurangan asupan nutrisi yang penting bagi tubuh. Dalam kasus lain, kalau Anda tidak menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi maka bakteri akan mudah masuk dan membuat beberapa penyakit lain muncul.

Berikut beberapa penyakit gigi dan mulut yang sering dialami para lansia.

  1. Kehilangan gigi
    Salah satu yang paling sering dialami para lansia dari menurunnya keadaan gigi adalah hilangnya gigi. Hilangnya gigi di usia senja ini umumnya terjadi karena karies, penyakit periodontal, diabetes, dan kebiasaan merokok. Saat Anda kehilangan beberapa gigi di usia senja tentu Anda harus segera membuat tindakan. Tindakan yang paling sering dilakukan para lansia saat kehilangan gigi adalah menggantinya dengan gigi tiruan atau gigi palsu agar bisa kembali makan dan tubuh bisa lagi mendapatkan asupan nutrisi.
  1. Penyakit Gusi
    Sebagai tempat tumbuhnya gigi, gusi juga menjadi hal yang sering dikeluhkan para lansia di usia senja. Menurunnya kesehatan gusi pada usia senja memang sangat mungkin terjadi. Hal ini terjadi karena adanya penumpukan plak, penyakit sistemik seperti jantung dan diabetes serta kebiasaan merokok. Salah satu akibat dari menurunnya kesehatan gusi ini adalah munculnya penyakit radang gusi. Jika gusi sudah meradang maka gigi yang menempel pun akan bisa cepat lepas dan tanggal.
  1. Penyakit Periodontal
    Jika penyakit gusi seperti radang gusi ini dibiarkan saja hingga lama maka keadaan ini akan meluas hingga ke jaringan penyangga gigi. Nah bila hal ini terjadi maka muncullah penyakit yang bernama periodontal. Dari kebanyakan penderita penyakit periodontal ini adalah mereka para usia lanjut yang umumnya mengalami penurunan kemampuan penyembuhan akibat melambatnya proses metabolisme dan juga mereka yang mengalami penurunan kepadatan tulang.
  1. Mulut kering
    Terakhir, penyakit gigi dan mulut yang sering dialami para lansia adalah mulut kering (Xerostomia). Munculnya penyakit Xerostomia ini dikarenakan jumlah saliva dalam mulut menurun. Kebanyakan yang mengalami keadaan ini adalah mereka yang berusia lanjut dan memiliki disfungsi kelenjar ludah. Xerostomia ini juga bisa muncul karena efek samping dari obat dan juga kebiasaan merokok.

Maka dari itu Moms, cegah penyakit yang bisa terjadi pada mulut dan gigi kita di hari tua nanti dengan menyikat gigi secara teratur dan rutin ke dokter gigi.

« Kembali