Ciptadent-Bahaya-Memakai-Masker-Mulut-Lebih-Dari-8-JamBiasanya jika kita sedang sakit atau tidak ingin tertular polusi udara maka kita akan menggunakan  masker sebagai pelindungnya. Sekilas, masker ini berfungsi melindungi diri dan membuat sehat. Pernyataan ini memang tidak salah, tapi ternyata ada efek berbahaya bila Anda menggunakan masker dalam waktu yang lama.

Pengguaan masker dalam waktu yang lama lebih dari 8 jam memang tidak disarankan. Sebab ternyata ada dampak negatif yang bisa muncul dari penggunaan masker yang terlalu lama. Ketentuan atau standar pemakaian masker yang telah dikeluarkan dari kemasan memang hanya sekali dan tidak boleh melebihi 8 jam. Jika dipakai melebihi 8 jam dan berulang-ulang maka bisa menyebabkan munculnya bergam jenis penyakit dalam tubuh.

Menurut DR. dr. Agus Dwi Susanto, penggunaan masker yang terlalu lama melebihi 8 jam maka bisa menimbulkan penumpukan organisme karena kelembaban pada masker. Dari sini maka kemudian akan muncul infeksi dan juga penyakit dalam tubuh.

Tanda bahwa masker sudah tak boleh lagi dipakai karena sudah digunakan dalam waktu yang lama adalah masker yang telah kumal, berwarna hitam. Tanda-tanda inilah yang memang bisa mendatangkan kuman telah bersarang pada masker. Menurunnya fungsi masker dalam waktu yang lama ini dikarenakan filtrasi atau penyaringan yang memburuk seiring penggunaan. Jika fungsi filtasi ini sudah menurun maka kegunaan masker pun bukan lagi bisa menangkal debu dan polusi, tapi malah membuat kuman dan bakteri datang menumpuk di masker.

Maka dari itu Moms, agar menghindari bakteri yang menempel pada masker, ada baiknya kita menghindari polusi dengan cara seperti berikut ini:

  • Menghindari kontak langsung dengan lingkungan yang berpolusi. Beristirahat dan juga menghirup udara yang segar dan sehat dalam satu-dua hari dalam seminggu.
  • Menjaga kesehatan serta makan dan minum dengan menu yang sehat agar daya tahan tubuh menjadi lebih baik. Ketika daya tahan tubuh membaik maka kita bisa lebih sehat dari dampak polusi udara yang dapat memunculkan penyakit.
  • Bila memang Anda merasa sudah terkena dampak polusi udara maka pastikan Anda segera untuk memeriksakan diri ke dokter agar efek polusi ini tidak semakin parah.

Penggunaan masker sebagai metode mencegah dampak polusi udara juga bisa Anda terapkan asalkan tidak melebihi waktu delapan jam.

« Kembali