Ciptadent-Benarkah-Maag-Bisa-Menyebabkan-Bau-MulutMendapati bau mulut (halitosis) pada diri tentu akan sangat tidak menyenangkan. Sebab, selain menciptakan bau tak sedap yang kita rasakan, bau mulut seringkali membuat kita jadi tidak percaya diri. Karena keadaan inilah maka bau mulut ini haruslah segera diatasi. Jika dilihat dari penyebabnya maka banyak yang menganggap bahwa bau mulut ini terjadi karena keadaan di dalam rongga mulut yang kurang baik, sehingga mengakibatkan bau mulut.

Salah satu keadaan di luar rongga mulut yang bisa menjadi penyebab bau mulut adalah maag. Ya, maag atau keadaan naiknya asam lambung memang bisa membuat terjadinya bau mulut. Mengapa demikian? Sebab orang yang sedang terkena maag akan membuat sistem kerja asam lambungnya jadi tak optimal. Dan seringkali penderita maag ini juga akan mendapati naiknya asam lambung ke kerongkongan, bahkan hingga ke mulut. Naiknya asam lambung ke arah kerongkongan dan mulut ini disebut dengan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau ada yang menyebut refuks asam.

Saat mengalami GERD atau asam lambung yang kembali naik ke kerongkongan dan mulut, maka hal ini bisa menyebabkan terjadinya bau mulut. Bau mulut akibat naiknya asam lambung ini dikarenakan asam lambung yang terdiri dari beberapa komponen seperti sisa makanan, pepsin, cairan empedu, dan asam lambung meluap ke mulut. Seperti kita tahu beberapa komponen ini bersifat asam dan terkandung bakteri yang pada akhirnya kemudian menyebabkan bau mulut dan nafas tak sedap.

Masuknya sisa makanan dari lambung ke mulut ini memang bisa terjadi saat kita terkena maag. Hal ini terjadi karena katup antara kerongkongan dan perut (sfingter esofagus) tidak bekerja dengan benar. Selain merasakan asam yang sudah terasa tidak nyaman dan menjadi penyebab bau mulut, naiknya asam lambung juga tak jarang menyebabkan sensasi panas di dada. Karena bau mulut akibat refluks asam (GERD) ini lebih sulit untuk dikendalikan. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan menyingkirkan kondisi yang menyebabkan naiknya asam lambung (maag) tersebut.

Untuk mengatasi maag ini, maka Anda bisa menggunakan pengobatan tradisional atau secara medis dengan memeriksakan diri ke dokter. Jangan lupa juga untuk meminimalisir bau tak sedap pada mulut ini dengan rajin membersihkan rongga mulut dan gigi Anda, Moms.

« Kembali