#01

Pertanyaan:
Dok, di gigi sebelah kiri saya ada lubang yang kemudian tumbuh daging, dan kalau untuk makan terasa sakit sekali. Sebetulnya itu apa ya, Dokter, dan bagaimana cara menanganinya? Terima kasih.

 Jawaban:

Daging yg keluar dari lubang gigi biasa disebut pulpa polip, penyebabnya adalah pembusukan gigi yang tidak diberikan penanganan apapun dalam waktu yang cukup lama. Untuk meredakan atau mengecilkan polip ini, diperlukan premedikasi atau minum obat terlebih dahulu selama 5 hari. Setelah kondisinya membaik, disarankan untuk segera melakukan perawatan saraf gigi dengan membuang pulpa polipnya terlebih dahulu, terutama jika mahkota giginya masih bagus. Tetapi jika mahkota giginya sudah rapuh dan rusak parah, lebih disarankan untuk mencabut giginya.

#02

Pertanyaan:
Assalamualaikum, Dok, saya mau bertanya, bagaimana cara menghilangkan karang gigi. Terima kasih sebelumnya atas jawabannya ya, Dokter.

 Jawaban:

Cara menghilangkan karang gigi adalah dengan rajin menyikat gigi, minimal dua kali sehari dan membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan dental floss. Disarankan juga untuk rajin mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya serat untuk self-cleansing secara alami, sehingga gigi akan tetap sehat. Jangan lupa untuk tetap rajin check-up ke dokter gigi, minimal enam bulan sekali untuk membersihkan karang gigi.

 #03

Pertanyaan:

Dokter, saya mau tanya, saya punya bayi berusia 1 tahun dan gigi atas di bagian tengahnya sudah tumbuh dua. Namun, gigi-gigi yang tumbuh itu renggang satu sama lain, Dok, apakah nantinya bisa rapat kembali? Terima kasih.

Jawaban: 

Untuk masalah gigi yang renggang, bisa dirapatkan dengan menggunakan kawat gigi, bisa juga dengan menggunakan alat trainer dari karet. Apabila jarak kerenggangan gigi tidak melebihi 2 mm, sebetulnya bisa dibiarkan saja, karena jika gigi anak renggang saat masih kecil, ketika ia dewasa dan giginya sudah berganti gigi permanen, ukurannya akan lebih besar dari gigi susu sehingga jaraknya akan lebih rapat.

#04

Pertanyaan:

Dok, saya mau bertanya kenapa saat saya sakit flu dan demam, gigi saya sering terasa ngilu setiap kali saya rebahan. Apakah ada hubungannya gigi ngilu itu dengan flu/demam saya? Terima kasih sebelumnya, Dok!

 Jawaban:

 Sebetulnya tidak ada hubungan langsung antara gigi yang ngilu dengan sakit flu dan demam. Permasalahannya mungkin lebih kepada daya tahan tubuh yang menurun saat sakit, sehingga jika ada gigi yang kurang sehat, pasti juga ikut bereaksi.

 

Salam Gigi Kuat Gigi Sehat Ciptadent

« Kembali