Kenali Penyakit Angular Cheilitis Pada MulutKondisi bibir kering dan pecah-pecah, terutama yang terjadi pada sudut bibir, ternyata tak boleh dianggap remeh. Bibir yang pecah-pecah dan kering di sudut bibir ini merupakan tanda penyakit angular cheilitis. Penyakit ini bisa dibilang cukup berbahaya karena memicu nyeri dan pendarahan.

Angular cheilitis disebabkan oleh pertumbuhan jamur Candida yang berlebihan. Jika angular cheilitis yang Anda derita tidak terlalu parah, sebenarnya penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya. Namun bila angular cheilitis yang Anda derit dalam keadaan yang parah, sebaiknya segera tangani secepat mungkin. Angular cheilitis yang parah bisa mengakibatkan rasa nyeri hingga pendarahan.

Bila Anda terkena angular cheilitis, ada beberapa teknik pengobatan yang bisa dicoba untuk mengatasi penyakit ini :

  1. Menggunakan salep anti jamur
    Pengobatan pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi angular cheilitis adalah dengan menggunakan salep anti jamur. Pilihlah salep anti jamur yang mengandung nystatin, ketoconazole atau miconazole untuk meredakan dan menyembuhkan infeksi pada bibir akibat angular cheilitis.
  1. Menggunakan obat antivirus
    Berikutnya cara pengobatan yang bisa Anda lakukan untuk mengobati angular cheilitis adalah dengan menggunakan obat antivirus. Famvir, valtrex serta zovirax adalah beberapa obat antivirus yang direkomendasikan untuk mengobati angular cheilitis. Beberapa obat tadi akan bekerja memperlambat perkembangan virus dengan melawannya. 
  1. Menggunakan permen karet yang mengandung xylitol atau chlorhexidine
    Beberapa penelitian lain menyatakan bahwa untuk mengatasi angular cheilitis penggunaan permen karet yang mengandung xylitol atau chlorhexidine bisa diterapkan. Dengan mengunyah permen karet yang mengandung xylitol atau chlorhexidine memang dipercaya akan mampu meningkatkan kesehatan mulut.
« Kembali