Bagi ibu yang sedang hamil, kelahiran di waktu yang tepat, yakni di usia kandungan 9 bulan, adalah sesuatu yang selalu diharapkan. Dengan bayi lahir di usia yang tepat maka kemungkinan-kemungkinan tidak baik pada bayi bisa dihindari. Tapi untuk bisa menghindari kelahiran prematur (tidak pada waktunya), ibu hamil juga harus aktif melakukan pencegahan. Salah satunya dengan merawat kebersihan mulut dan gigi.

Apa hubungan kelahiran prematur dengan kebersihan mulut dan gigi? Pada saat hamil, seorang perempuan akan mengalami perubahan hormon estrogen dan progesteron. Dari perubahan hormon inilah kemudian bisa muncul beberapa gejala atau keluhan seperti mual, muntah, ngidam, dan juga termasuk meningkatnya risiko sakit gigi dan mulut.

Biasanya masalah mulut dan gigi yang didapati pada ibu hamil adalah terjadinya pembesaran gusi. Pembesaran gusi ini mudah memicu pendarahan karena jaringan gusi yang merespons berlebihan terhadap iritasi lokal. Gusi yang mengalami pembesaran atau meradang, yang sering disebut gingivitis, inilah yang bisa memicu kelahiran prematur. Dalam dunia medis peradangan gusi yang menyebabkan kelahiran prematur disebut dengan pregnancy gingivitis. Gejala ini biasanya sering terjadi pada ibu hamil di trimester pertama.

Peradangan gusi atau gingivitis sendiri bisa terjadi karena kebersihan mulut yang tidak terjaga. Mulut yang tidak bersih ini akan mengundang bakteri yang akhirnya memunculkan peradangan. Pada ibu hamil yang mengalami perubahan hormon, peradangan ini bisa jadi semakin parah. Hal ini tentunya akan membuat kemungkinan terjadinya pregnancy gingivitis atau kelahiran prematur akibat peradangan gusi ini semakin besar.

Untuk menghindari terjadinya peradangan gusi yang bisa berefek buruk pada ibu hamil ini, Anda harus rajin menjaga kebersihan mulut dan gigi. Kegiatan menyikat gigi dan flossing tentu akan sangat membantu Anda menjaga kebersihan mulut dan gigi agar terhindar dari gingivitis. Sikatlah gigi dan flossing secara rutin setiap hari agar hasilnya benar-benar Anda rasakan. Jika sudah terlanjur muncul peradangan gusi, pergilah ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan supaya gingivitis segera sembuh dan tidak mempengaruhi kandungan Anda, Moms.

« Kembali