Ciptadent-Malas-Scaling-Bisa-Meningkatkan-Risiko-JantungPenyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling berbahaya karena bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu, semua gejala yang mengarah pada penyakit jantung ini sebaiknya kita waspadai dan juga kita anstisipasi. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui bahwa sebenarnya ada banyak sebab yang bisa membuat risiko penyakit jantung ini meningkat. Salah satu faktor yang membuat meningkatnya risiko penyakit jantung dan jarang diketahui orang adalah malasnya seseorang membersihkan karang gigi.

Apa hubungannya karang gigi dengan risiko penyakit jantung? Meski sekilas nampak tak berkaitan, tapi korelasi antara kebersihan gigi dengan kesehatan jantung ini memang ada. Bahkan fakta ini telah diteliti oleh oleh ahli dari Taiwan dan dipresentasikan di American Heart Association’s Scientific Sessions 2011. Penelitian ini menyatakan bahwa ada kaitan antara kebersihan karang gigi dengan risiko serangan jantung dan stroke.

Orang yang jarang membersihkan karang gigi memang akan rawan terkena karies gigi dan juga radang gusi atau gingivitis. Dan ketika karies dan gingivitis ini dibiarkan saja, maka kita akan terkena penyakit periodontitis yang berhubungan dengan jaringan pendukung gigi.

Seperti kita ketahui bahwa jaringan pendukung gigi ini meliputi banyak saraf dan pembuluh darah termasuk ke bagian jantung. Jadi, saat jaringan pendukung gigi seseorang mengalami kerusakan, maka memang beberapa saraf dan pembuluh darah di gusi  akan terpengaruh. Maka, bila kemudian ada saraf atau pembuluh darah dari jaringan pendukung gigi ke jantung yang bermasalah maka risiko penyakit jantung akan menjadi besar.

Risiko penyakit jantung karena karang gigi yang jarang dibersihkan juga bisa dikarenakan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan peradangan. Nah, bakteri yang menyebabkan peradangan inilah yang kemudian dapat menyebar melalui jaringan pendukung gigi ke jantung dan menyebabkan penyakit jantung. Apalagi bila kemudian diperparah dengan banyaknya gigi yang lepas pada usia dewasa maka akan semakin meningkat risiko penyakit jantung tersebut.

Maka dari itu, bermula dari malasnya membersihkan gigi dan karang gigi dengan scaling ini tentu Anda tidak boleh meremehkannya lagi. Sebab, dari sebuah penelitian kesehatan tercatat bahwa dari 100.000 orang maka mereka yang rajin melakukan pembersihan karang gigi dengan scaling mempunyai peluang serangan jantung yang lebih rendah sekitar 24% dibanding mereka yang jarang melakukan scaling.

Sebuah catatan medis tersebut pastinya harus menjadi acuan Anda bahwa membersihkan gigi dan karang gigi dengan scaling ini sangat penting dilakukan minimal 6 bulan sekali, ya Moms.

« Kembali