scaling gigi CiptadentMungkin tidak banyak orang yang mengerti apa maksud dari ‘scaling gigi’ ketika mereka mendengar istilah ini diucapkan. Tetapi, begitu dijelaskan kalau scaling adalah proses pembersihan karang gigi, maka mereka baru mengetahui nama sebenarnya dari perawatan gigi itu. Proses ini mungkin tidak banyak dilakukan oleh orang-orang, karena mereka merasa kalau sudah cukup rutin menyikat gigi, sehari dua kali.

Karang gigi, atau yang biasa disebut kalkulus di dunia kedokteran gigi, adalah tumpukan plak yang telah termineralisasi kemudian menempel dan mengeras pada gigi. Biasanya gigi memiliki kemampuan untuk membersihkan diri melalui saliva, tetapi pada gigi yang sudah terbentuk karang gigi, kemampuan ini menurun sehingga dibutuhkan perawatan tambahan untuk membersihkan gigi. Idealnya, pembersihan karang gigi dilakukan setiap enam bulan sekali, sama seperti memeriksa gigi. Ketika kemampuan gigi untuk membersihkan diri menurun, besar kemungkinan bakteri akan lebih mudah menempel pada karang gigi dan menjadi penyebab timbulnya karies gigi. Jika gigi sudah mulai berlubang dan tidak segera ditangani, maka kerusakan yang ditimbulkan bisa menjadi lebih parah, dan dibutuhkan untuk mencabut gigi.

Dampak lain dari karang gigi adalah perubahan warna gigi, terutama jika sang pemilik gigi sering mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa mengubah warna, seperti teh, kopi, dan masih banyak lainnya. Merokok juga salah satu penyebab berubahnya warna gigi, tak hanya menguning, tetapi juga bisa sampai menjadi kehitaman. Dengan adanya bakteri yang menempel pada gigi, maka ada kemungkinan juga jaringan pendukung gigi menjadi terganggu. Gejalanya bisa diketahui dari bau mulut yang tidak sedap, gusi meradang dan berwarna merah (bahkan mudah berdarah), dan yang paling parah adalah gusi membengkak yang menimbulkan kegoyahan pada gigi.

Saat karang gigi sedang dibersihkan memang menimbulkan rasa ngilu pada pasien, namun jika saat sedang dibersihkan rasa ngilu sudah tidak tertahankan, pembersihan bisa dilakukan dengan anastesi (bius) lokal. Selain itu, ada cara yang lebih praktis untuk mengurangi rasa ngilu saat scaling. Anda bisa temukan tips-tipsnya dalam artikel Inilah Cara Mengurangi Ngilu Saat Scaling

Sumber: sehatuntuksemua blog


Artikel terkait lainnya :
Proses Scaling Gigi
4 Penyebab Gigi Menjadi Berkarang Yang Harus Kamu Hindari


« Kembali