Mau Kolesterol Turun? Gosok Gigi dengan BenarUntuk selalu sehat, kadar kolesterol dalam tubuh memang harus selalu dikontrol agar tidak berlebih. Jika kadar kolesterol, terutama kolestreol jahat (LDL), dalam tubuh Anda berlebih, maka bisa memicu munculnya penyakit kardiovaskular (penyumbatan darah oleh lemak) yang mematikan.

Keadaan kolesterol yang berlebih pada tubuh atau disebut hiperlipidemia ini memang bisa terjadi pada siapa saja, terutama bagi mereka yang memiliki pola makan buruk, obesitas, serta diabetes tak terkontrol. Faktor keturunan juga bisa menyebabkan munculnya hiperlipidemia.

Untuk mengatasi sekaligus mencegah hiperlipidemia, salah satu caranya adalah dengan menjalani gaya hidup sehat. Perbaiki pola makan dengan mengurangi konsumsi makanan berkolesterol tinggi. Selain itu, menjaga kesehatan mulut dan gigi ternyat juga jadi faktor penting untuk pencegahan penyakit yang satu ini.

Sebuah penelitian telah dilakukan dan hasilnya membuktikan kesehatan mulut dan gigi berpengaruh terhadap hyperlipidemi. Penelitian ini melibatkan 30 penderita hiperlipidemia dan juga penderita periodontitis kronis (penyakit pada jaringan pendukung gigi). Pada penderita periodontitis kronis mereka menjalani pembersihan karang gigi serta diberi waktu dan instruksi untuk membersihkan gigi yang benar. Setelah 3 bulan berlalu, pasien kembali diperiksa. Hasil pemeriksaan kemudian menunjukkan kesehatan gigi para pasien yang meningkat serta kadar kolestreol jahat (LDL) dalam darah mereka yang menurun secara signifikan.

Dari hasil penelitian inilah ditemukan adanya hubungan yang cukup kuat antara kesehatan mulut dan gigi dengan peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Oleh karena itu, Anda yang ingin terbebas dari hiperlipidemia bisa memulai pencegahan dengan rajin-rajin membersihkan gigi dan mulut. Gosok gigi dengan benar untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda. Tentunya, jangan lupa juga untuk mengubah gaya hidup Anda ke arah yang lebih sehat agar Anda semakin jauh dari bahaya hiperlipidemia.

« Kembali