Ciptadent-Penyebab-Mulut-Terasa-Pahit-Saat-Bangun-TidurSalah satu hal yang biasa dialami seseorang saat bangun tidur adalah mulut yang terasa pahit dan kurang enak. Tentu saat kita merasakan mulut yang pahit bisa saja membuat perasaan bad mood di pagi hari yang seharusnya diawali dengan semangat.

Munculnya rasa pahit ketika bangun tidur ini bisa terjadi karena beberapa hal. Penyebab pertama munculnya rasa pahit saat bangun tidur adalah karena adanya gangguan dan masalah di saluran gastrointestinal. Jadi ketika seseorang mengalami kenaikan asam lambung membuat saluran gastrointestinal yang merupakan serangkaian organ muskular berongga yang dilapisi oleh membran mukosa (selaput lendir) jadi terganggu. Bukan hanya membuat rasa pahit di mulut, gangguan dan masalah di saluran gastrointestinal ini juga dapat menyebabkan muculnya beberapa penyakit lain seperti batuk, obesitas dan diabetes.

Selain masalah di saluran gastrointestinal, penyebab lain dari mulut yang terasa pahit di pagi hari adalah karena infeksi mulut seperti sariawan. Infeksi mulut yang terjadi karena perkembangan bakteri di dalam mulut ini bisa Anda atas dengan minum cukup air putih dan rutin menggosok gigi.

Masalah akibat infeksi mulut yang bisa membuat mulut kering dan pahit tersebut memang sudah seharusnya diatasi. Sebab bila tidak segera diatasi dapat memunculkan permasalahan kesehatan lain seperti penyakit gusi, gigi berlubang, serta penyakit periodontal yang berhubungan dengan jaringan pendukung gigi.

Orang yang sering merasakan mulut kering dan pahit di pagi hari ini biasanya adalah ibu-ibu hamil. Dengan dibarengi keadaan morning sickness, rasa pahit dalam mulut pada ibu-ibu hamil memang sudah normal terjadi dan nantinya bakal sembuh atau pulih dengan sendirinya. Orang yang juga akan sering mengalami mulut pahit di pagi hari adalah orang yang sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu dan juga orang yang mengalami stres.

Untuk mengatasi rasa pahit pada mulut saat pagi hari ini ini Anda bisa mengatasinya dengan rutin menggosok gigi dua kali sehari. Jangan lupa juga perbanyak minum air putih dan konsumsi buah yang mengandung vitamin C. Selain itu, Anda juga harus membatasi konsumsi gorengan dan makanan pedas dan gorengan saat masa penyembuhan.

Jika Anda merasa bahwa rasa pahit di pagi hari ini tidak kunjung sembuh maka Anda bisa segera datang ke dokter untuk berkonsultasi dan mendapatkan penanganan dan pengobatan.

« Kembali