#01 Pertanyaan:

dok, saya usia 21 th dan saya mempunyai keluhan masalah karang gigi yg membuat bau mulut; cara menghilangkan karang gigi bagaimana ya?

 #1 Jawaban:

solusinya ya bersihkan karang gigi rutin tiap 6 bulan sekali & kalau ada gigi yang bolong-bolong besar & gigi busuk tertinggal sisanya, harus segera dicabut, karena gigi yang bermasalah tersebut juga menimbulkan halitosis (bau mulut). Untuk perawatan sehari-hari di rumah bisa dijaga dengan makan makanan yg sehat, serta kaya serat seperti buah & sayur, juga minum air putih minimal 8 gelas sehari, rajin sikat gigi minimal 2x sehari (pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur). Pemilihan produk pasta gigi yang anti-bakteri atau herbal juga akan membantu untuk minimalisir perkembangan bakteri yang rentan menyebabkan bau mulut tersebut karena sisa makanan.

#02 Pertanyaan:

Saya mau tanya masalah gusi berlubang bukan gigi ini penyakit apa ya dok? Karena lubang di gusinya mengeluarkan nanah.

#2 Jawaban:

Dalam hal diagnosa penyakit apapun, apalagi yang mengenai jaringan lunak di mulut ataupun di gigi tidak bisa main tebak-tebakan; harus dilihat langsung/secara visual. Perlu anamnesa yg detail untuk kasus yang dikeluhkan pasien. Apakah bekas pencabutan gigikah? Atau pernah mengalami trauma terjatuh dsb? Kelainan jaringan lunak mulut juga bermacam-macam, jadi sebelum kita mendiagnosa penyakit apa yang sebenarnya, dokter gigi harus langsung melihat keadaan mulut pasiennya.

Kesimpulannya jika ada nanah/pus, berarti ada infeksi/radang yang kita sebut juga sebagai ‘absces’. Perlu rontgen foto gigi juga untuk melihat penyebab adanya nanah di gusinya yang berlubang. Untuk itu kami sarankan agar segera bisa memeriksa ke klinik dokter gigi terdekat atau rumah sakit/puskesmas dengan layanan pemeriksaan gigi & mulut. Semoga jawabannya cukup jelas.

« Kembali