#01 Pertanyaan:

dok, saya punya masalah impaksi gigi; ada beberapa gigi graham yang gagal tumbuh, di ujung bagian kiri atas, dan kanan-kiri bawah, tapi saya merasa saya tidak sanggup kalau operasi, saya sering merasakan nyeri di bagian gigi-gigi itu kalau makan makanan yang keras. Pertanyaan saya bagaimana cara merawat gigi yang gagal tumbuh itu, agar tidak sering sakit? dan apa ada cara menghilangkan plak gigi yang aman tanpa ke dokter?

 #1 Jawaban:

Masalah gigi impaksi memang menjadi dilemma yang sering terjadi. Kegagalan tumbuh/erupsi karena banyak faktor penyebab gigi impaksi, sbb :

Faktor lokal :

# Premature loss gigi sulung

# Nekrosis karena adanya infeksi

# Inflamasi Kronis yang meyebabkan fibrosis mukosa di sekitarnya

# Ruangan yang tidak cukup karena perkembangan rahang yang tidak sempurna atau karena retensi geligi sulung

# Malposisi gigi lawan

# Densitas jaringan keras di sekitarnya

# Inflamasi pada tulang karena penyakit seperti parotitis

Faktor sistemik :

# Prenatal (keturunan, sifilis, malnutrisi)

# post-natal ( Rickets, anemia, endocrine dysfunction, penyakti pada rahang dan jaringan lunak di sekitarnya )

Kondisi Abnormal Lain :

# Oxycephaly

# Cleidocranial dysostosis

# Achondroplasia

# Cleft

Cara perawatan gigi yang gagal tumbuh & agar plak gigi tidak cepat terbentuk: hindari konsumsi makanan yg manis2, rajin sikat gigi setiap 12 jam sekali, mengkonsumsi buah & sayur-sayuran yg kaya serat dan dapat membersihkan gigi. Selain merupakan merupakan cemilan yang sehat, buah & sayuran dapat membersihkan gigi secara alami & tetap cek rutin ke dokter gigi minimal 6 bln sekali.

#02 Pertanyaan:

dokter, saya sering banget dapat iklan di Instagram mengenai cairan pemutih gigi instan. Amankah cairan pemutih gigi untuk gigi kita? Apakah akan berpengaruh dengan kesehatan gusi kita? Saya takut nanti mengikis  gusi nantinya. Tolong dijawab ya, Dok.. terima kasih

#2 Jawaban:

Banyak produk pemutihan gigi dijual bebas sekarang, jika tidak dilakukan oleh tenaga yang ahli seperti dokter gigi memang sangat diragukan keamanan/efek samping pemakaian bleaching/pemutih gigi yang dijual bebas. Gigi menjadi lebih sensitif, rapuh & untuk gusi/gingivanya kalau ketetesan bahan bleaching bisa ada resiko melepuh/jadi iritasi atau menjadi sariawan. Jadi berhatihatilah untuk mencoba produk apapun untuk perawatan gigi & gusi tanpa pengawasan & saran dokter gigi.

 

« Kembali