#1 Pertanyaan (dari Tegar) :

Dok gigi geraham bawah sebelah kanan saya goyang, rencananya mau dicabut karena sakit sekali, setelah dicabut saya pengen pakai behel apakah gigi geraham sebelah kiri juga harus dicabut dok? Terima kasih

Jawaban (drg. Lusi) :

Gigi geraham kanannya yang goyang dan sakit sekali saat ini belum tentu hrs dicabut, solusinya sepanjang mahkota giginya masih bagus, masih bs dilakukan perawatan saraf gigi/endodonti beberapa kali kunjungan setelah itu dilakukan penambalan atau bisa dibuatkan mahkota selubung/crown pada gigi tersebut.

Jika memang memilih praktis untuk melakukan cabut gigi geraham kanan yg goyang & sakit, rencana memakai behel/kawat gigi, belum tentu gigi geraham kirinya ikut dicabut juga.

#2 Pertanyaan (dari Dianita) :

Saya mau tanya dok, saya mempunyai gigi berlubang , awalnya tdk trsa sakit tp lama kelamaan sakitnya tambah parah hingga menyebabkan sakit pada kuping saya dok , itu artinya apa ya dok ? Dan tindakan apa yg harus segera di lakukan dok? Mohon jawaban dan penjelasannya ya dok, terima kasih.


Jawaban (drg. Lusi) :

Gigi berlubang/caries ada dibedakan sesuai kedalaman caries itu sdr, jika baru batas email biasa pasien tidak terlalu ada keluhan sakit, biasanya hanya ngilu/linu biasa jika ada reaksi makan minum yg extreem, dingin/asem/manis.

Jika lubang gigi/cariesnya lebih dalam lagi mengenai lapisan dentin, reaksi pasien baru merasakan sakit jika makan/minum saja. Kalau tidak makan atau minum tidak ada rasa sakit.

Jika perjalanan caries mengenai saraf gigi reaksi yg dirasakan pasien gigi sakit sampai ke kuping/kepala. Rasa sakit timbul sewaktu-waktu, bukan karena pasien lagi makan/minum disebut pulpitis. Segera ke Dokter Gigi setempat untuk perawatan gigi lebih lanjut & perlu rontgen gigi untuk meliat batas caries di Gigi yg dirasakan sakit.

 

#3 Pertanyaan (dari Rosy A.) :

Saya sudah mengalami nyeri di gigi selama 5 hari. Pada hari kedua, saya lsg ke klinik gigi tetapi bukan dengan dokter yg biasa menangani saya.

Diagnosa sementara nyeri gigi disebabkan karena kebiasaan saya yg lupa menggosok gigi atau berkumur sblm tidur jika sebelumnya makan malam atau minum air jeruk nipis, yang mengakibatkan lapisan email gigi terkikis. Dokter akhirnya melapisi gigi saya dgn bahan yg saya lupa namanya dan meminta saya untuk kembali lagi satu minggu kemudian. Namun dr satu hari setelah dr dokter gigi, nyeri di gigi terutama di bagian taring kanan atas tetap terasa. Saya sudah mengkonsumsi ponstan untuk mengurangi rasa nyerinya tapi tidak terlalu membantu.

Saya juga sudah mengganti pasta gigi untuk gigi sensitif sesuai saran dokter. Sebagai informasi, sekitar 3 minggu sebelum terasa nyeri, gigi saya di scaling di klinik yg berbeda dr klinik yang saya datangi biasanya setelah satu tahun tidak melakukannya. Sepulang itu, gigi saya terasa sangat ngilu tapi dokter mengatakan hal itu wajar krn banyaknya karang yg terdapat di gigi saya dan rasa ngilu akan hilang setelah satu hari. Namun rasa ngilu itu tidak hilang setelah lewat satu hari..yg ingin saya tanyakan, kira2 apakah scaling tsb berpengaruh terhadap rasa nyeri gigi saya?

 

Jawaban (drg. Lusi) :

Sepertinya masalah gigi nyerinya komplit sudah, saya mesti baca berulang kali untuk mencari problem pencetus gigi nyerinya dulu & kesimpulan saya masalah awal waktu scalling, itu mungkin karang giginya sangat parah, jadi begitu dibersihin semua, gusinya keliatan turun semua, tidak lagi diposisi normal batas leher gigi/kolum (bagian gigi antara corona/mahkota & radiks/akar).

Keadaan seperti ini pasti sangat tidak nyaman, rasa ngilu & nyeri karena gusi/gingivanya tidak lg menutupi daerah gigi tersebut.

Perlu tindakan lebih lanjut ke drg lain (drg sp periodonthi) jika drg awal tidak bs mengatasi masalah gigi yg sudah terlanjur nyeri seperti sekarang, apakah ditambel daerah gigi yangg gusi/gingivanya turun akibat selama ini tertutup karang atau diberi obat pelapis daerah gigi yg terbuka tersebut, dsb.

Untuk perawatan sehari-hari bisa dibantu dengan menggunakan sikat gigi yg soft, pasta gigi khusus gigi sensitif, cara sikat gigi yg bener/sikat gigi jangan kuat2, hindari makanan/minuman yg extreem spt es, mengandung asam & manis untuk sementara waktu.

 

« Kembali