#01 Pertanyaan:

Dok gimana yah solusi untuk menghilangkan karang gigi ? waktu kecil itu saya jarang gosok gigi alhasil umur aku sekarang 20 tahun gigi aku gak bersih, dan sudah gosok gigi rutin, karang giginya masih ada.

 #1 Jawaban:

Solusi menghilangkan karang gigi ya sudah pasti rajin scalling/bersihin karang gigi/check up ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Untuk perawatan di rumah sehari-hari: mesti rajin sikat gigi minimal 2x sehari, bersihin sela-sela gigi dengan dental floss/benang gigi, makan makanan yg kaya serat seperti buah & sayur, juga rajin minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk menghindari cepatnya timbul karang gigi.

#02 Pertanyaan:

saya ingin bertanya seputar gigi berlubang, umur saya 25th, saya mempunyai  2 gigi geraham yg berlubang, pada bagian atas dan bawah, kiri dan kanan. Tapi pada bagian atas sangat sakit apabila saya tidak sengaja memakan makanan yg keras, contoh sate kambing. Saya ingin menambal gigi ini, yg  ingin saya tanyakan apakah proses penambalan itu menyakitkan?

#2 Jawaban:

untuk masalah gigi berlubangnya, harus dilihat dl lubang giginya sudah mencapai batas saraf atau belum, mungkin diperlukan rontgen foto gigi. Mestinya kalau lubang giginya belum mencapai saraf, giginya bisa langsung ditambal permanen dan mestinya tidak sakit waktu pengerjaan penambalan giginya. Tapi jika lubang giginya sudah mencapai batas saraf, tindakan penambalannya pasti ada rasa sakit, kecuali giginya sudah mati semua saraf gigi tidak ada rasa sakit waktu dilakukan pengerjaan penambalannya. Belum tentu lubang gigi solusinya selalu ditambal, karena kalau giginya lubangnya sudah besar & hampir rata dengan gusi, ya kadang solusinya harus dicabut.

« Kembali