#01 Pertanyaan:

Halo drg. Lusi, mau bertanya, saya hendak berencana memakai kawat gigiuntuk merapikan susunan gigi baris bawah aya. Namun, dulu zaman sekolah karena karang gigi dan membusuk, kalau tidak salah ingat, pernah ada 2gigi dicabut akar giginya di dokter gigi langganan ibu. Jika saya pakai behel, apakah gigi yang mati tersebut masih bisa dirapikan? Terima kasih.

 #1 Jawaban:

syarat mutlak sebelum memakai behel adalah karang gigi tidak ada, kalau ada gigi bolong/caries harus dirawat dulu apakah dengan ditambel atau perawatan saraf gigi jika caries giginya sudah mencapai pulpa/ruang saraf gigi dan kondisi mahkota gigi masih layak dipertahankan. Dan yg terakhir kalau ada gigi sisa akar/sisa mahkota, gigi yang busuk juga harus sudah dicabut biar tidak menambah masalah dikemudian hari jika dilakukan pemasangan behel. Perlu diliat langsung kondisi gigi sekarang secara visual atau rontgen foto, baru bisa dokter gigi merapikan giginya dengan kawat gigi atau behel.

#02 Pertanyaan:

Halo dokter, lidah saya terasa hampa/lidas ketika makan tidak merasakan makanan, itu kenapa dan obatnya apa ya dokter ? Penyebabanya apa dokter ?

#2 Jawaban:

keadaan lidah terasa hampar/lidas makan mungkin maksudnya keadaan lidah yang kehilangan rasa waktu makan bukan? Jika benar demikian, penyakit ini disebut atrophic glossitis, ini penyakit lidah karena tubuh mengalami kekurangan zat besi. Makanan alamiah yg sehat mengandung zat besi bisa membantu mengobati masalah ini seperti bayam, jagung, telur, buah jeruk, beras merah, kacang-kacangan,dll. Bisa juga minum suplemen vitamin yang mengandung zat besi yang dijual di toko obat. Beberapa kasus pasien ada yang mengalami keadaan lidah kehilangan rasa waktu makan, karena terlalu sering menggunakan obat kumur, jadi berhati-hati juga agar menggunakan obat kumur seperlunya cukup 2x sehari.

#3 Pertanyaan:

Dok, mau konsultasi. Saya umur 22 tahun. Sebelumnya saya tidak pernah bermasalah dengan gigi sensitif, tapi setahun belakangan, setiap saya minum yg dingin, makan es, dll, rasa ngilu suka mulai muncul, apalagi belakangn jadi lebih terasa sakitnya. Tapi kalau konsumsi panas seperti sup, saya tidak bermasalah. Apakah gigi sensitif itu bawaan dari kecil atau memang bisa ketika sudah beranjak dewasa baru muncul ya? Maaf, dan apakah keharusan untuk sikat gigi dengan produk khusus gigi sensitif ke depannya?

#3 Jawaban:

keadaan gigi sensitif bisa bawaan jaman kecil, bisa juga timbul setelah dewasa, saat berganti gigi susu kanak-kanan ke gigi permanen dewasa. Semua ini tergantung perawatan gigi jaman kecilnya gimana. Jika kondisi gigi susu jaman kanak2 banyak yg rusak/caries tidak dirawat, akan menular ke gigi permanen dewasa proses caries/lubang giginya. Namun ada beberapa kondisi gigi sensitif tdk selalu krn caries gigi/gigi berlubang karena bakteri, cara sikat gigi yg salah, pemakaian odol/pasta gigi yg krg tepat, jg makanan yg kita konsumsi sehr2 srg yg manis2, asem2, dll bs berefek gigi jd sensitif karena lapisan email jd terlarut/rusak.

« Kembali