#01 Pertanyaan:

Dokter saya mau tanya, anak saya berumur 6.5 tahun. Gigi permanennya sudah tumbuh akan tetapi gigi susunya belum tangal, apakah gigi susunya harus  dicabut ? Dan saya mau tanya juga apakah saat ingin tumbuh gigi, kondisi suhu badan anak menjadi demam?

 #1 Jawaban:

gigi susu yg msh belum lepas/copot padahal gigi tetap permanennya sudah tumbuh dalam bhs kedokteran gigi kita sebut persistensi memang sering menjadi masalah & dilemma hampir sebagian besar orang tua si anak untuk mengambil tindakan apa buat gigi si anak, apakah gigi susunya dicabut atau masih ditunggu copot sendiri walaupun gigi permanennya sudah tumbuh & posisinya sdh di luar lengkungan gigi yg semestinya. Tindakan yang tepat adl segera mungkin untuk dilakukan pencabutan gigi susunya sebelum terlambat nanti hampir semua gigi permanen/dewasa si anak tumbuh berantakan. Kadang ada beberapa anak yg sensitif jd tiap mau tumbuh gigi, baik gigi susu ataupun gigi permanennya bisa menimbulkan reaksi demam, tapi  ada juga yg tidak timbul demam hanya merasakan sakit di daerah gigi yang mau tumbuh. Orang tua jangan kuatir hal ini bisa diatasi, bantu minum obat pereda sakit & demam, jika sampai anak terganggu beraktifitas  sehari-hari.

#02 Pertanyaan:

dokter lusi, saya mau menanyakan  sesuatu, saya belakangan ini habis menggosok gigi, di bibir saya timbul putih putih gitu dok, itu kenapa ya dok?

#2 Jawaban:

Banyak hal yang bisa menyebabkan hal yang kamu sebut tersebut. Pertama-tama yang perlu diketahui adalah apakah bercak putih tersebut muncul setiap habis sikat gigi atau setelah kamu beberapa kali sikat gigi dengan produk bersangkutan? Apakah bercak putihnya terasa sakit seperti sariawan? Jumlahnya hanya 1 atau timbul beberapa sekaligus? Jika sakit, hal tersebut bisa jadi adalah kondisi kamu memang sedang mengalami sariawan. Jika bercak putih tersebut muncul setiap kali sehabis kamu sikat gigi, bisa jadi kandungan produk yang dipakai menyebabkan alergi kecil, coba untuk gantikan pemakaian dengan produk lain, dan jika berlanjut, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk mengetahui kondisi lebih pastinya.

#3 Pertanyaan:

saya punya anak umur 5 tahun, gigi yang kiri paling bawahnya bolong besar, dan gusinya bengkak, juga kaya ada nanahnya. ada solusi ga dok?

#3 Jawaban:

Solusi untuk gigi yang bolong dan sudah besar (caries sudah mencapai pulpa/saraf gigi) pada gigi susu/permanen yang menimbulkan adanya nanah, biasanya gigi tersebut sudah nekrose/mati/terjadi pembusukan (gangren pulpa). Harus segera dicek dan dirawat ke dokter gigi. Jika mahkota giginya masih bagus, bisa dilakukan perawatan saraf gigi/endodonti, kemudian bisa ditambal atau dibuatkan mahkota selubung/uplay/inlay/onlay. Apabila gigi tersebut sudah tinggal sisa mahkota/hampir rata dengan gusi sisa giginya, ya terpaksa harus dicabut dan kalau perlu mesti dibantu premedikasi, minum obat untuk pengobatan dari dalam tubuh untuk kasus yg sangat parah, pipi/gusi anak bengkak, sakit hingga mengalami demam tinggi.

« Kembali