Ciptadent-Waspadai-Gigi-Goyang-Pertanda-DiabetesGigi yang goyang adalah sebuah kondisi pertanda akan tanggalnya gigi. Keadaan goyangnya gigi ini mungkin dinilai masih wajar bila yang mengalaminya adalah anak-anak. Hal ini karena anak-anak memang memiliki peluang untuk berganti dengan gigi baru. Tapi, bila Anda sudah dewasa dan sudah memiliki gigi tetap kemudian mendapati gigi yang sering goyang maka Anda perlu berhati-hati. Pasalnya dalam usia dewasa gigi tetap memang tidak perlu goyang untuk tanggal dan berganti lagi.

Jika Anda sering mendapati gigi goyang di usia dewasa maka, sebaiknya Anda segera memeriksakannya ke dokter. Hal ini dikhawatirkan berkaitan dengan gejala diabetes yang Anda derita. Gigi yang goyang dan tanggal di usia dewasa memang bisa terjadi karena tingginya kadar gula dalam darah dan memunculkan penyakit periodontal yang menyerang jaringan penyangga gigi baik itu tulang alveolar ataupun gusi.

Menurut sebuah penelitian, penyakit diabetes diketahui memang bisa menyebabkan gigi mudah goyang akibat menurunnya produksi insulin. Dari menurunnya produksi insulin membuat kesehatan rongga mulut, termasuk jaringan gigi jadi ikut menurun. Dari sini, maka akan muncul penyakit periodontal yang biasanya dimulai dari munculnya plak pada gigi. Menumpuknya kuman yang berwujud plak gigi pada penderita diabetes ini memang tak sangat sulit diatasi karena rusaknya jaringan periodontal. Nah, ketika hal ini terjadi maka jaringan periodontal ini akan mengeluarkan nanah dan membuat tulang penyangga terkikis dan akhirnya menyebabkan gigi goyang dan kemudian tanggal.

Sebenarnya bukan hanya gigi goyang dan tanggal yang bisa dialami oleh seorang penderita diabetes. Sebab, mereka juga bisa saja mengalami xerostomia yakni menurunnya produksi air liur yang bisa menyebabkan keadaan mulut yang kering dan bau. Risiko karies pada gigi juga bisa saja terjadi pada mereka yang mengalami diabetes.

Dengan banyaknya beragam penyakit gigi dan mulut yang bisa dialami para penderita diabetes, maka sudah selayaknya mereka untuk segera memeriksakan dirinya ke dokter. Sebab mudah goyang dan tanggalnya gigi ini bisa terjadi karena adanya masalah pada tingkat kadar gula dalam tubuh Anda. Dengan segera memeriksakan kesehatan ke dokter spesialis diabetes maka Anda pun bisa mengantisipasi beberapa hal termasuk diabetes yang memang berbahaya.

« Kembali