Situasi pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia membuat segala aktivitas masyarakat dialihkan dari yang tadinya bisa aktif di luar menjadi hanya terbatas #dirumahaja. Mulai dari pekerjaan kantor, perkuliahan, sampai kegiatan belajar mengajar di sekolah juga dilakukan secara online. Bukan cuma di hari kerja, tapi di hari libur atau akhir pekan, masyarakat juga diimbau untuk tetap berada di rumah dan tidak bepergian ke mana-mana.

Bagi banyak orang, berada di rumah dalam jangka waktu yang lama tentu memberikan kejenuhan. Apalagi ketika weekend dan hari libur nasional yang biasanya dihabiskan untuk bepergian. Namun, sebenarnya ada banyak cara lho untuk menghabiskan waktu dengan keluarga walaupun harus #dirumahaja. Berikut beberapa pilihan kegiatan yang bisa Ibu lakukan bersama keluarga saat berada di rumah.

Berolahraga Bersama

Berolahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Dengan berolahraga bersama keluarga, Ibu juga dapat menjaga dan meningkatkan imunitas serta daya tahan tubuh, apalagi di situasi pandemi seperti saat ini. Manfaatkan pula sinar matahari pagi yang mengandung UV untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Di hari libur, Ibu dapat memanfaatkan waktu yang lebih lama untuk lebih banyak berolahraga.

Lakukan berbagai olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging atau bersepeda di sekitar lingkungan rumah. Lakukan juga berbagai aktivitas yang menyenangkan. Mulai dari senam, bermain bola atau melakukan permainan lain yang menyenangkan dapat dilakukan di lingkungan sekitar rumah. Selain menjaga kesehatan, berbagai aktivitas tersebut juga dapat membangun kedekatan Ibu bersama anggota keluarga yang lain.

Mengajarkan Keterampilan Dasar Kepada Anak

Mengajarkan berbagai keterampilan dasar kepada anak sangat penting untuk pertumbuhan mereka ketika dewasa. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan dan tidak hanya sekedar menyenangkan, tetapi juga membantu meningkatkan pengetahuan dan mengasah skill anak. Misalnya, membantu ibu memasak di dapur sekaligus belajar memotong dan mengiris bahan makanan. Bisa juga mengajak anak membantu ayah memperbaiki peralatan rumah tangga yang rusak dan belajar menggunakan berbagai perkakas.

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dasar ini, misalnya menjahit, membuat prakarya atau berbagai hal lain sesuai dengan keahlian yang dimiliki Ibu atau Ayah. Tapi sebaiknya tetap diawasi ya Bu ketika anak belajar menggunakan berbagai peralatan rumah tangga yang mungkin berbahaya..

Makan Bersama di Rumah

Saat libur atau weekend biasanya dihabiskan untuk pergi makan di luar sekeluarga. Namun sayangnya hal tersebut tidak dapat dilakukan dalam situasi pandemi ini. Untuk mengatasinya, coba bikin sesi makan bersama dengan menu makanan dan minuman yang juga spesial atau favorit keluarga. Alternatif lainnya bisa juga dengan memesan bahan makanan atau makanan jadi secara online delivery jika tidak memungkinkan untuk membuat sendiri di rumah. Yang penting, sesi makan ini sebaiknya dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh anggota keluarga.

Jika memungkinkan, buatlah suasana baru untuk sesi makan bersama ini. Misalnya dengan memindahkan meja makan ke teras rumah atau menggelar tikar di halaman rumah, jadi sesi makan bersama ini terasa seperti sedang piknik. Nah, manfaatkan juga momen ini untuk bercengkrama dan membicarakan berbagai hal yang menyenangkan untuk meningkatkan kedekatan keluarga.

Membersihkan dan Merapikan Rumah

Momen liburan ini juga bisa Ibu manfaatkan untuk mengajak anggota keluarga untuk membantu membersihkan dan merapikan rumah. Rumah yang bersih dan rapi akan meningkatkan kenyamanan saat harus kembali beraktivitas work from home dan learn from home. Keterlibatan anggota keluarga termasuk Ayah dan anak-anak sangat penting. Jika mereka merasa enggan, Ibu dapat menerapkan strategi untuk mengajak mereka, misalnya dengan iming-iming snack buatan ibu yang jadi favorit mereka, atau hal lain yang bisa membuat mereka bersemangat untuk bekerja dan membantu Ibu membersihkan rumah.

Sikat Gigi Bersama di Sebelum Tidur

Sebelum tidur, Ibu juga bisa mengajak Ayah dan anak-anak untuk melakukan sesi sikat gigi bersama. Selain menambah kedekatan anggota keluarga, menyikat gigi juga dapat menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut. Hal ini sangat penting untuk mencegah sisa makanan dan kuman bersarang di mulut kita yang dapat mengakibatkan berbagai penyakit.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk mencegah penyakit ini perlu banget, lho Bu. Apalagi dalam situasi pandemi saat ini, ada imbauan untuk tidak pergi ke dokter gigi, terutama yang ada di rumah sakit apabila kondisinya tidak darurat dan mendesak. Karena dikhawatirkan kondisi rumah sakit yang ramai dan penuh dapat meningkatkan penyebaran virus Covid-19.

Selain memilih sikat dan pasta gigi yang tepat, mengganti sikat gigi secara berkala juga penting untuk menjaga kualitas sikat gigi tetap prima saat digunakan. Dalam memilih sikat gigi juga sebaiknya tidak asal ya Bu. Pilih sikat gigi yang nyaman digunakan. Dua faktor kenyamanan dalam menyikat gigi biasanya bisa kita rasakan dari bulu sikat yang lembut dan genggaman gagang sikat gigi yang anti-slip atau licin. Itu semua bisa Ibu rasakan dalam sikat gigi Ciptadent Diamond Clean.

Untuk urusan perawatan gigi, sikat gigi Diamond Clean ini jagonya. Dirancang spesial dengan kombinasi 2 ukuran bulu sikat yaitu bulu tebal yang bertugas membersihkan permukaan gigi dan bulu halusnya membersihkan sela-sela gigi secara total. Dua kombinasi ini lah yang membuat sikat gigi Diamond Clean efektif membersihkan mulut dan gigi secara maksimal dari kuman dan bakteri penyebab masalah gigi dan mulut. Tidak hanya itu, ujung bulu sikat yang dirancang khusus berbentuk bulat ini memungkinkan untuk menjangkau seluruh bagian gigi dengan lembut dan nyaman bahkan untuk gusi sekalipun.

Selain kombinasi unik bulu sikat dan ujung bulu sikatnya, sikat gigi Ciptadent Diamond Clean spesial didesain untuk Anda yang menyukai kemewahan. Desain gagang sikat gigi Ciptadent Diamond Clean didesain khusus seperti mewahnya berlian (diamond) sehingga nyaman digenggam dan tidak licin ketika digunakan.

Segala kelebihan tersebut bisa Ibu dapatkan dengan harga cuma cuma Rp 3.000,- aja lho! Tidak perlu keluar budget lebih deh ketika harus mengganti sikat gigi! Oh ya, sekadar informasi nih, sikat gigi Ciptadent Diamond Clean tersedia dalam 4 warna, yaitu merah, hijau, oranye dan biru. Anda bisa memilih sikat gigi Ciptadent Diamond Clean sesuai dengan warna kesukaan Anda :)

Itulah berbagai tips untuk membuat hari libur dan weekend tetap seru dan menyenangkan walau harus berada #dirumahaja bersama keluarga. Semoga pandemi ini segera berakhir, ya Bu! Jaga terus kesehatan keluarga, terutama kesehatan gigi dan mulut bersama Ciptadent #KuatkanIndonesia.