18 February 2020
Risda A.B Sangaji bertanya :

Assalamualaikum.. Dok, sya mau tanya, Gigi saya berlubang trus sda di cabut 3 minggu yang lalu, tpi sampai sekarang gusi masih bengkak, bgmna cara mngatasinya dan itu bahaya atau tidak ya dok ??

Drg. Sella Prininta menjawab:

Alo, Risda A.B Sangaji

Penyembuhan luka pasca pencabutan ada suatu proses yang terdiri dsri beberapa fase yang terjadi secara bersamaan.

Segera setelah gigi dicabut, soket akan terisi darah dari pembuluh darah yang terputus pada jaringan penyangga gigi. Setelah itu baru akan terbentuk gumpalan darah kurang lebih 24 jam. Gumpalan darah itulah yang akan melindungi soket dari bakteri dan mensterilkan luka.

Pada minggu 4 biasanya luka akan mengalami tahap akhir penyembuhan. Tulang dan jaringan penyangga gigi sudah tertutup sempurna.

Proses pencabutan gigi yang memerlukan tindakan pengeboran tulang atau pembukaan gusi, biasanya memberi efek lebih nyeri setelah pencabutan. Seperti pencabutan gigi geraham belakang, biasanya akan menimbulkan bengkak pada gusi setelah pencabutan gigi.

Bengkak pasca pencabutan pada umumnya akan hilang dalam beberapa hari. Konsumsi obat antibiotik yang diberikan dokter juga dapat membantu mempercepat masa penyembuhan pasca pencabutan. Konsultasikan ke dokter gigi apabila bengkak tidak kunjung hilang dalam satu bulan.

Semoga bermanfaat

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


18 February 2020
Linda bertanya :

Assalamualaikum dok, saya mau tanya nih.. Gigi saya berlubang terus sudah di cabut 3 minggu yang lalu, tpi skarang tmpat cbutan itu masih bengkak, itu bagaiman ya dok, berbahaya atau tidak ? Terimah kasih

Drg. Sella Prininta menjawab:

Alo, Linda

Bengkak pasca pencabutan gigi sering terjadi akibat adanya komplikasi pada saat pencabutan gigi sehingga terjadi iritasi pada gusi dan jaringan penyangga gigi.

Pencabutan gigi geraham belakang, pencabutan dengan penyulit seperti pengambilan jaringan penyangga yang besar yang memberikan luka besar pada gusi, dapat mengakibatkan pembengkakan pasca pencabutan.

Penjagaan kebersihan gigi dan mulut yang kurang baik juga dspat menjadi faktor pemicu terjadinya bengkak.

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri dan komplikasi pasca pencabutan, antara lain :,

  1. Mengunyah pada sisi yang tidak dicabut
  2. Tidak memainkan luka bekas pencabutan
  3. Menggosok gigi 2x sehari dan berkumur dengan obat kumur antiseptik
  4. Membersihkan luka dari sisa-sisa makanan
  5. Mengkonsumsi obat antibiotik dan analgesik yang diresepkan oleh dokter.

Kunjungi dokter gigi kembali apabila bengkak tidak hilang dalam satu bulan agar dilakukan pemeriksaan yang lebih menyeluruh

Semoga bermanfaat

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


18 February 2020
Warung Nikolai bertanya :

halo dok saya ingin tanya apakah diastema dapat menyebabkan gigi sensitif?thx

Drg. Sella Prininta menjawab:

Alo, Warung Nikolai

Diastema adalah celah atau ruang yang terdapat pada gigi atas atau bawah. Paling sering terjadi pada gigi seri rahang atas.

Penyebab dari diastema, khususnya diastema pada gigi seri umumnya karena frenulum yang tinggi. Frenulum adalah lipatan membran yang melekat dari bibir ke gusi.

Diastema sendiri tidak menyebabkan hipersensitivitas pada gigi, kecuali terdapat kelainan anatomis seperti terdapat resesi atau penurunan gusi sehingga akar gigi terlihat. Fraktur atau patah pada permukaan gigi juga dapat menyebabkan gigi terasa lebih ngilu.

Perawatan ortho atau pemasangan mahkota gigi biasanya menjadi pilihan perawatan untuk kasus diastema.

Perawatan dan pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengurangi gigi sensitif, antara lain :

  1. Menyikat gigi 2x sehari, sesudah makan dan sebelum tidur, dengan pasta gigi yang mengandug flouride
  2. Menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat halus, untuk mengurangi trauma saat menyikat gigi
  3. Menggunakan obat kumur antiseptik
  4. Perbanyak konsumsi air, buah, dan sayur untuk self-cleansing
  5. Mengunjungi dokter gigi untuk melakukan perawatan scaling atau pembersihan karang gigi, minimal 6 bulan sekali

Semoga bermanfaat

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


17 February 2020
nurmayasari bertanya :

asalamualaikumz.dok syh mau tanyua .gigi sayh brlubang ad bnjolan d ggi brlbang syh rsnyua sakit sampai ke kepala dan .syh bingung apa bnjolan itu dan bsa d obti.mksh

Drg. Sella Prininta menjawab:

Alo, nurmayasari

Daging atau gusi tumbuh pada gigi berlubang disebut dengan polip. Polip gigi terjadi karena adanya infeksi pada pulpa. Pulpa adalah lapisan dalam gigi yang berisi saraf dan pembuluh darah.

Polip pulpa biasanya terjadi di gigi geraham karena gigi tersebut berlubang dalam sampai mengenai daerah pulpa.

Perawatannya biasanya dilihat dari tingkat keparahan, jika gigi tsb masih bisa dilakukan perawatan saluran akar maka biasanya dokter gigi akan membuang polip tsb setelah itu melakukan pembersihan pada gigi tsb agar bisa dilakukan perawatan selanjutnya.

Kedua, jika kerusakan pada gigi tsb sudah mencapai akar dan sulit untuk dilakukan perawatan kembali, tindakan yang biasa dilakukan adalah pencabutan gigi beserta polipnya. Pencabutan gigi disertai polip adalah tindakan yang biasa dilakukan oleh dokter gigi. Sebelum dilakukan pencabutan, dokter gigi akan memberikan obat anestesi di gigi agar pasien merasa baal, sehingga tidak terasa sakit.

Beberapa tips untuk mengurangi rasa nyeri karena polip, yaitu :

  1. Berkumur dengan obat kumur antiseptik
  2. Makan makanan yang halus untuk mengurangi aktifitas pengunyahan yang berat
  3. Mengurangi makan makanan yang terlalu panas dan pedas
  4. Mengunyah pada sisi yang tidak terdapat polip
  5. Mengkonsumsi obat analgesik sesuai dengan resep yang diberikan dokter

Segeralah periksakan ke dokter gigi terdekat untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Semoga bermanfaat

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


17 February 2020
Sabrina Clarisa Nababan bertanya :

Hy dok, umur saya 14 tahun tapi gigi seri pinggir dan gigi taring saya belum diganti dgn gigi permanen Rencananya saya mau cabut 2 gigi susu itu, brp lama waktu yg dibutuhkan gigi untuk tumbuh kembali dok?

Drg. Sella Prininta menjawab:

Alo, Sabrina Clarisa Nababan

Masa pertumbuhan gigi permanen setiap orang berbeda-beda, tergantung dari beberapa faktor seperti lingkungan, gen, nutrisi, jenis kelamin.

Pertumbuhan gigi permanen dimulai pada usia 5 - 6 tahun, dimulai dari gigi seri rahang atas. Untuk gigi taring rahang atas pada umumnya akan tumbuh pada usia 8 - 10 tahun. Karena usia Anda sudah 14 tahun, ada kemungkinan gigi-gigi Anda sudah berupa gigi permanen, bisa dipastikan kembali dan ditanyakan dengan dokter gigi ya.

Sebelum memberikan pilihan perawatan, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan foto rontgen dan pemeriksaan intraoral untuk melihat bentuk dan keadaan gigi. Foto rontgen perlu dilakukan untuk melihat apakah terdapat benih gigi permanen. Gigi taring sendiri termasuk gigi yang sering mengalami impaksi atau tumbuh tidak sempurna karena beberapa faktor.

Pencabutan baru akan dilakukan apabila benih gigi permanen sudah nampak dan gigi susu menghalangi jalur keluar gigi permanen tersebut.

Semoga bermanfaat

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


17 February 2020
Arievin Chaqiie bertanya :

Sore dok sya mau tnya tentang gigi anak, anak sya umur 3 tahun4 blan gigi anak ada yg bolong tetapi gusi nya bengkak bentuk nya bulat kecil ada 3 dan saling berjejer d ats gigi yg berlubang, itu knpa apa tdk berbahaya bgi anak sya. Trima ksih

Drg. Sella Prininta menjawab:

Selamat Sore Arievin Chaqiie

Penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak sedini mungkin. Hal tersebut dapat mendukung pertumbuhan gigi susu dan permanen secara optimal.

Anak-anak rentan sekali mengalami gigi berlubang karena makanan dan kebiasaan dalam kehidupan sehari-sehari. Bintil putih pada gusi menandakan adanya pembengkakan pada saluran akar gigi karena adanya gigi yang berlubang besar.

Abses atau bengkak pada gigi susu dapat menyebabkan kerusakan gigi yang parah sehingga gigi harus dicabut sebelum waktunya. Melakukan perawatan ke dokter gigi adalah pilihan yang tepat agar gigi dapat dipertahankan. Pertumbuhan gigi susu yang baik sangat mempengaruhi pertumbuhan gigi permanen.

Beberapa tips untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut pada anak, yaitu:

  1. Menggunakan sikat gigi ukuran kecil khusus anak-anak dengan bulu sikat halus, agar dapat menjangkau semua bagian gigi

  2. Menggunakan pasta gigi anak, gunakan pasta gigi dengan flouride jika anak gigi anak sudah tumbuh agar mencegah gigi dari karies.

  3. Membatasi konsumsi makanan manis, untuk mencegah gigi berlubang sebaiknya mengurangi makanan manis atau segera berkumur setelah konsumsi makanan tersebut

  4. Mulai menyikat gigi 2 kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur. Jangan biarkan kebiasaan tidak menyikat gigi setelah minum susu sebelum tidur karena kandungan gula pada susu akan menyebabkan gigi berlubang

  5. Periksa ke dokter gigi, untuk cek berkala pertumbuhan gigi anak

Semoga bisa membantu Anda

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


17 February 2020
dewiahmar bertanya :

Dok, gigi geraham sy bagian kanan sudah 10 tahun ditambal laser. Sepekan terakhir terasa ngilu hingga menyebabkan migrain dan nyeri yg tak terhankan. Penyebab dan solusinya gimana dok???

Drg. Sella Prininta menjawab:

Alo, dewiahmar

Penambalan gigi sendiri berfungsi untuk menutup gigi yang rusak agar bakteri tidak masuk kembali, selain itu penambalan juga berfungsu untuk memperbaiki fungsi dan bentuk gigi menyerupai gigi asli.

Setiap bahan tambal mempunyai tingkat kekuatan dan ketahanan yang berbeda-beda, menjaga kebersihan mulut dan diet sehat juga termasuk salah faktor yang dapat membantu mempertahankan tambalan gigi agar bertahan lama.

Tambalan yang terasa sakit, dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti :

  • adanya celah / kebocoran pada tambalan
  • terdapat udara yang terpendam pada kavitas gigi sehingga menimbulkan rasa nyeri ketika menggigit
  • pembersihan bakteri pada kavitas gigi belum cukup sehingga masih ada bakteri yang tersisa
  • tambalan yang terlalu tinggi sehingga tambalan terasa mengganjal

Apabila terjadi keluhan pada tambalan anda sebaiknya segera lakukan penambalan ulang. Ideal nya suatu tambalan harus bertahan selama mungkin tanpa tenggang waktu. Ketahan tersebut juga dipengaruhi oleh seberapa baik kita menjaga kesehatan gigi dan mulut kita.

Semoga bermanfaat

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


17 February 2020
nisa bertanya :

perawatan saluran gigi itu bagaimana caranya dan berapa lama ya, Dok?

Drg. Sella Prininta menjawab:

Alo, nisa

Perawatan saluran akar adalah proses perawatan yang melibatkan saraf pada akar gigi. Perawatan saluran akar pada umumnya dilakukan karena bakteri telah mencapai akar gigi, yang dapat berakibat gigi mengalami nekrosis (mati)

Proses perawatan saluran akar umumnya memerlukan tindakan lebih dari 1 kunjungan. Gigi pada awalnya akan dilakukan sterilisasi terlebih dahulu lalu pembersihan jaringan yang terinfeksi. Apabila perawatan belum selesai, resiko bakteri masuk kembali sangatlah besar. Setelah itu jika saluran akar telah bersih dari bakteri, baru akan dapat ditambal atau diberikan perawatan follow up untuk penutupan gigi yang berlubang, seperti penambalan dengan bahan tambal atau dengan pemasangan mahkota

Ciri-ciri gigi yang harus dilakukan perawatan saluran akar :

  1. Gigi terasa ngilu tiba-tiba tanpa rangsangan
  2. Gigi pernah mengalami bengkak sebelumnya
  3. Gigi terasa nyeri apabila makan makanan yang keras
  4. Gigi yang telah ditambal sebelumnya tetapi terasa nyeri kembali

Gigi yang berlubang apabila tidak segera diobati dapat menyebabkan kerusakan yang lebih oarah sehingga harus dilakukan pencabutan. Segeralah mengunjungi dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan yang tepat untuk gigi anda.

Semoga bermanfaat

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


17 February 2020
Mila bertanya :

Asalamualikum dok,saya mau tanya nih.. gigi saya kan berlubang,trus kok kyak tmbuh daging gitu ya,itu knapa dok apakah bahaya atau tidak,smpai skarang gak hilang" dagingnya,

Drg. Sella Prininta menjawab:

Alo, Mila

Daging atau gusi tumbuh pada gigi berlubang disebut dengan polip. Polip gigi terjadi karena adanya infeksi pada pulpa. Pulpa adalah lapisan dalam gigi yang berisi saraf dan pembulu darah.

Polip pulpa biasanya terjadi di gigi geraham karena gigi tsb berlubang dalam sampai mengenai daerah pulpa.

Perawatannya biasanya dilihat dari tingkat keparahan, jika gigi tsb masih bisa dilakukan perawatan saluran akar maka biasanya dokter gigi akan membuang polip tersebut setelah itu melakukan pembersihan pada gigi tsb agar bisa dilakukan perawatan selanjutnya.

Kedua, jika kerusakan pada gigi tersebut sudah mencapai akar dan sulit untuk dilakukan perawatan kembali, tindakan yang biasa dilakukan adalah pencabutan gigi beserta polipnya. Pencabutan gigi disertai polip adalah tindakan yang biasa dilakukan oleh dokter gigi. Sebelum dilakukan pencabutan, dokter gigi akan memberikan obat anestesi di gigi agar pasien merasa baal, sehingga tidak terasa sakit.

Segeralah periksakan ke dokter gigi terdekat untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Semoga bermanfaat

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


16 February 2020
Farida bertanya :

Dok, apa boleh setiap kali habis makan kita bersihkan mulut dengan obat kumur antiseptik?

Drg. Sella Prininta menjawab:

Alo, Farida

Obat kumur antiseptik yang biasanya digunakan berfungsi untuk mencegah gigi dari gingivitis, sariawan, atau meredakan nyeri pada mulut. Kandungan dalam obat kumur antiseptik adalah chlorhexidine. Bekerja dengan cara membunuh bakteri.

Penggunaan obat kumur pada umumnya digunakan 1 - 2x sehari, setelah menyikat gigi. Penggunaan berlebihan suatu obat dapat menyebabkan resistensi bakteri pada obat tersebut. Sebaiknya gunakan obat kumur antiseptik sesuai dengan aturan pakai yang disarankan dalam kemasan produk tersebut.

Pemakaian yang tidak sesuai dengan dosis seharusnya harus dengan anjuran dokter atau sedang dalam perawatan yang membutuhkan pemakaian obat kumur antiseptik lebih sering. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu apabila ingin menggunakan obat kumur antiseptik tidak sesuai dengan dosis yang tertera, agar bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Semoga bermanfaat

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."

 

Showing 21 - 30 of 355