07 November 2019
Indah Fatmasari bertanya :

Dok....apakah gigi berlubang tidak boleh naik pesawat? Tetapi gigi berlubang tidak sedang ada rasa nyeri

drg. Benedict Natanael Sunarja menjawab:

Selamat Siang Indah Fatmasari, terima kasih atas pertanyaannya.

Nyeri gigi yang mungkin akan anda alami pada kondisi ketika naik pesawat adalah Barondontalgia. Kondisi ini disebabkan oleh perubahan tekanan atmosfir saat pesawat berada di ketinggian. Saat terjadi perubahan (penurunan) tekanan atmosfir, udara-udara yang terjebak di tambalan gigi, gigi yang retak, atau berlubang, turut mengalami perubahan tekanan sehingga menimbulkan nyeri.

Gigi adalah jaringan keras dan tidak dapat berekspansi/mengembang. Bila terdapat peningkatan volume gas di dalam rongga gigi, jaringan keras gigi tidak ikut mengembang untuk menyesuaikan dengan tekanan luar, sehingga gas menekan dan menstimulasi saraf gigi. Hal ini terjadi pada gigi pulpitis (karies dalam), dimana terjadi pembusukan gigi oleh bakteri yang menghasilkan gas. Selain itu gas yang terjebak juga dapat terbentuk di bawah tambalan yang kurang baik/rapi/mengalami kebocoran, dimana ada udara terjebak antara gigi dan bahan tambal, atau pada pengisian saluran akar yang tidak hermetis/kedap udara (masih ada celah bolong tempat pertukaran udara).

Untuk mencegah agar saat naik pesawat Anda tidak sakit gigi, maka sebaiknya Anda memeriksakan keadaan gigi Anda sebelum naik pesawat, dan melakukan tindakan penambalan untuk gigi berlubang tersebut.

Sekian informasi yang bisa Saya berikan, semoga berguna

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


07 November 2019
Siti Azizah bertanya :

Halo dok Dok knp ya awal nya gigi saya berlubang di salah satu gigi dan sudah saya tambal terus beberapa tahun kemudian pas saya lihat lubang nya tambah banyak dan menyebar ke semua gigi apa yg harus saya lakukan dok

drg. Benedict Natanael Sunarja menjawab:

Selamat Siang Siti Azizah

Tambal gigi adalah prosedur yang dilakukan untuk mengisi keadaan gigi yang berlubang, bisa diawali dengan perawatan syaraf gigi ataupun langsung dilakukan penambalan. Pasien dapat memilih teknik penambalan yang ingin dilakukan. Umumnya tambalan dilakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran pada gigi lebih dalam.

Prosedur penambalan gigi sendiri dilakukan untuk

  • Mengembalikan fungsi dan bentuk dari gigi tersebut.
  • Mempertahankan gigi sehingga gigi dapat dipakai dengan lebih lama lagi
  • Memperbaiki gigi yang patah, gigi yang mengalami keretakan ataupun gigi yang aus akibat dari adanya kebiasaan seperti menggigit kuku atau menggertakan gigi saat tidur.

Setelah prosedur penambalan gigi, biasanya dokter gigi akan menjelaskan cara - cara merawat tambalan gigi untuk mencegah terjadinya tambalan yang lepas ataupun tambalan yang mengalami keausan, seperti

  • Menjalankan diet dengan makan yang tidak terlalu keras pada bagian gigi yang sudah ditambal.
  • Menggosok gigi dengan pasta gigi yang memiliki kandungan aktif seperti fluoride.
  • Membersihkan gigi dengan dental floss
  • Cek rutin ke dokter untuk melihat kualitas dari tambalan tersebut apakah masih baik atau tidak

Apabila setelah dilakukan penambalan pada satu gigi tersebut, lalu terjadi lagi karies atau lubang pada gigi lain, maka mungkin Anda kurang menjaga pola makan, kurangi makanan yang asam atau manis, perhatikan pula plak yang menempel pada gigi Anda. Pencegahan yang bisa dilakukan adalah

  1. Menyikat gigi dengan benar dan teratur setiap harinya untuk menjaga kesehatan mulut Anda.
  2. Menyikat gigi dengan sikat gigi yang bulunya halus dan lemut dan flexible.
  3. Sikat gigi 2 kali sehari.
  4. Kunjungi dokter tiap 6 bulan sekali untuk kontrol.
  5. Membersihkan karang gigi.
  6. Mengkonsumsi air larutan garam untuk meredakan perdarahan.
  7. Rajin berkumur dengan obat kumur antiseptik setelah gosok gigi

Semoga bisa membantu Anda

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


07 November 2019
Fauzia bertanya :

Assalamualaikum dok.

Dok. Gusi yg bengkak dan suka berdarah itu kenapa yah Dan cara untuk mengobatinya bgmn?

Trimah kasih.

drg. Benedict Natanael Sunarja menjawab:

Selamat Siang Fauzia, terima kasih atas pertanyaannya.

Gusi adalah jaringan penyangga gigi, yang berguna sebagai pelindung dari bagian gigi. Gusi yang berdarah adalah tanda-tanda nyata terjadinya penyakit gusi. Jika dibiarkan akan menjadi masalah yang serius.

Gusi yang sering berdarah bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti

  • Penyakit gingivitis yaitu peradangan pada gusi yang membuat gusi Anda lebih sensitif dan rentan mengalami perdarahan.
  • Penyakit periodontitis adalah gingivitis yang dibiarkan dan menjadi parah sehingga gigi menjadi infeksi dan gigi menjadi mereggang ataupun tanggal.
  • Penumpukan plak yang sangat banyak dan masuk di bagian gusi sehingga ketika digosok menjadi mudah berdarah.

Yang bisa dilakukan ketika gusi berdarah adalah

  1. Menyikat gigi dengan benar dan teratur setiap harinya untuk menjaga kesehatan mulut Anda.
  2. Menyikat gigi dengan sikat gigi yang bulunya halus dan lemut dan flexible.
  3. Sikat gigi 2 kali sehari.
  4. Kunjungi dokter tiap 6 bulan sekali untuk kontrol.
  5. Membersihkan karang gigi.
  6. Mengkonsumsi air larutan garam untuk meredakan perdarahan.
  7. Rajin berkumur dengan obat kumur antiseptik setelah gosok gigi

Sekian informasi yang bisa Saya berikan, semoga berguna

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


07 November 2019
puput bertanya :

Halo dok,

akhir2 ini saya sering mengalami sakit gigi, krna gigi geraham kiri blkg saya berlubang...setiap kambuh saya selalu minum obat ponstan atau asam mefenamat tapi nanti2 pasti selalu kambuh lagi dan berdenyut terus, cara mengobati nya gimana ya dok?

drg. Benedict Natanael Sunarja menjawab:

Selamat Siang puput, terima kasih atas pertanyaannya.

Gigi berlubang atau bolong adalah keadaan gigi dimana lapisan enamel gigi kemudian dentin mengalami pengikisan yang menjadikan gigi menjadi berlubang. Hal ini menandakan adanya penumpukan bakteri pada mulut, yang akhirnya menyebabkan infeksi pada saluran saraf gigi dan berujung dengan terjadinya pembentukan abses pada gigi. Obat antibitotik seperti amoksilin ataupun obat pereda nyeri seperti asam mefenamat saja hanya dapat meredakan rasa sakit yang bersifat sementara.

Tindakan kuratif seperti perawatan saluran akar, penambalan dan pencabutan diperlukan untuk kasus seperti ini. Seringkali obat saja tidak cukup untuk mengatasi keadaan gigi yang sudah bengkak ataupun berlubang. Obat untuk menghilangkan rasa sakit atau menghilangkan bengkak dapat diberikan namun bersifat sementara. Ketika obat sudah habis, namun penyebab tidak dihilangkan maka gigi dapat kembali bengkak.

Oleh karena itu perlu dilakukan tindakan perawatan gigi. Untuk kasus Anda, Dokter gigi biasanya akan melihat terlebih dahulu detail keadaan klinis dari gigi Anda, apabila masih bagus keadaan giginya, maka dapat dilakukan penambalan atau perawatan saluran akar. Namun apabila keadaan gigi tersebut sudah tidak memungkinkan untuk dilakukan penambalan, maka kemungkinan gigi tersebut harus dicabut.

Sekian informasi yang bisa Saya berikan, semoga berguna

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


07 November 2019
Ayaa bertanya :

Dok, saya sering mengalami sakit gigi dan sakit dibagian wajah sebelah kanan, sampai hidung pipi mata ikut terasa sakit. Kira kira kenapa ya dok?

drg. Benedict Natanael Sunarja menjawab:

Selamat Siang Ayaa, terima kasih atas pertanyaannya.

Sakit yang Anda alami, mungkin berasal dari gigi yang berlubang yang menyebabkan infeksi pada bagian akar ataupun dari gigi impaksi. Saya harus mengetahui terlebih dahulu dan mengecek keadaan klinis dari rongga mulut Anda, juga pemeriksaan klinis dari regio atau bagian yang sakit.

Rontgen photo dalam hal ini sangat diperlukan untuk melihat kelainan yang ada pada rongga mulut Anda. Apabila berasal dari gigi yang berlubang maka dikhawatirkan terjadi infeksi yang mungkin mengenai rongga sinus sehingga terdapat sakit di bagian hidung serta pipi. Jika tidak terdapat gigi yang berlubang maka mungkin diakibatkan dari adanya gigi impaksi atau gigi yang tumbuhnya tidak sempurna dan terjebak di dalam tulang pada rongga mulut sehingga mengakibatkan rasa sakit pada bagian tersebut.

Menurut saya ada baiknya Anda langsung berkunjung ke dokter gigi terdekat untuk mendapatkan perawatan dan mendapatkan rujukan untuk dilakukan rontgen photo. Sementara untuk sedikit membantu meredakan rasa nyeri, Anda dapat mencoba untuk berkumur dengan air garam yang sedikit hangat dan juga Anda bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti Paracetamol sebelum mengunjungi dokter gigi.

Sekian informasi yang bisa Saya berikan, semoga berguna

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


05 November 2019
ferra Tiow bertanya :

Mt mlm dokter. dok Gimana caranya menghilangkan sakit pada Gusi

drg. Benedict Natanael Sunarja menjawab:

Selamat Siang ferra Tiow

Sakit pada gusi bisa bermacam - macam manifetasinya, seperti gusi yang sakit karena bengkak, sakit karena gingivitis atau periodontitis ataupun sakit karena ada sariawan. Saya kurang mengetahui, sakit pada gusi Anda yang seperti apa, namun apabila gusi anda sakit karena bengkak hal bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Salah satu yang mungkin terjadi adalah akibat dari adanya gigi yang berlubang. Gigi berlubang atau bolong adalah keadaan gigi dimana lapisan enamel gigi kemudian dentin mengalami pengikisan yang menjadikan gigi menjadi berlubang. Hal ini menandakan adanya penumpukan bakteri pada mulut, yang akhirnya menyebabkan infeksi pada saluran saraf gigi dan berujung dengan terjadinya pembentukan abses pada gigi.

Tindakan pengobatan seperti perawatan saluran akar, penambalan dan pencabutan diperlukan untuk kasus ini. Seringkali obat saja tidak cukup untuk mengatasi keadaan gigi yang sudah bengkak ataupun berlubang. Obat untuk menghilangkan rasa sakit atau menghilangkan bengkak dapat diberikan namun bersifat sementara. Ketika obat sudah habis, namun penyebab tidak dihilangkan maka gigi dapat kembali bengkak. Untuk sementara Anda dapat mencoba mencari obat golongan bebas tanpa resep dokter yang dijual di minimarket atau toko obat terdekat dan ikuti aturan pakainya ya...

Oleh karena itu perlu dilakukan tindakan perawatan gigi. Untuk kasus Anda, Dokter gigi biasanya akan melihat terlebih dahulu detail keadaan klinis dari gigi Anda, apabila masih bagus keadaan giginya, maka dapat dilakukan penambalan atau perawatan saluran akar. Namun apabila keadaan gigi tersebut sudah tidak memungkinkan untuk dilakukan penambalan, maka kemungkinan gigi tersebut harus dicabut.

Semoga bisa membantu Anda

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


05 November 2019
Helen Carolina bertanya :

Met malam dokter, saya mau tanya dok.. Anak saya skrng berusia 7 thn.. Kira-kira 6 bulan yg lalu gigi susu bagian depan atas copot.. Kok smpe skrng lum tumbuh2 jg ya dok.. Biasanya brp lama baru tumbuh lagi ya dok..

drg. Benedict Natanael Sunarja menjawab:

Selamat Siang Helen Carolina, terima kasih atas pertanyaannya.

Untuk gigi susu sendiri sebenarnya, ada periode waktu khusus kapan gigi susunya akan tanggal dan tumbuh. Gigi seri depan sendiri biasanya tumbuh di usia 7 - 8 tahun, jadi jika sekarang usia anak Anda 7 tahun, dan 6 bulan lalu sudah tanggal, maka mungkin gigi tersebut baru akan tumbuh dalam periode 1 tahun kedepan sampai usia anak Anda 8 tahun. Jika sudah melewati usia 8 tahun ke atas dan belum ada benih giginya, maka Anda bisa melakukan rontgen photo untuk melihat apakah terdapat benih gigi tetap atau tidak. Selengkapnya dapat Anda baca pada artikel berikut:

Sekian informasi yang bisa Saya berikan, semoga berguna

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


05 November 2019
Hardianto bertanya :

Berapa biaya untuk pencabutan gigi sekaligus, dan waktunya sekitar berapa jam?

drg. Benedict Natanael Sunarja menjawab:

Selamat Siang Hardianto, terima kasih atas pertanyaannya.

Untuk pencabutan gigi harganya tidak selalu sama, baik klinik ataupun rumah sakit. Semua berbeda tergantung dari derajat kesusahannya, ada komplikasi atau tidak, macam gigi yang dicabut, seperti pada gigi bungsu atau molar ke tiga, harganya pasti lebih mahal dibanding gigi yang lain serta dokter yang menanganinya, dokter gigi umum atau dokter spesialis. Untuk waktu pencabutan sendiri berbeda, tergantung dari gigi yang dicabut, perlu operasi minor atau tidak, gigi sebelah mana yang dicabut, dan sebagainya.

Untuk keterangan lebih lanjut, mungkin Bapak bisa langsung berkunjung ke praktik dokter gigi terdekat, untuk mengetahui biaya serta prosedur tindakannya. Atau Anda dapat menggunakan fitur Cari Dokter dari Alodokter untuk mengetahui dimana praktik dokter gigi terdekat dan estimasi biaya.

Sekian informasi yang bisa Saya berikan, semoga berguna

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


05 November 2019
Hardianto bertanya :

Mt siang dok..saya mau tanya kalo cabut gigi sampai 3 itu bisa ya? Dan apa gusinya nanti di jahit?

drg. Benedict Natanael Sunarja menjawab:

Selamat Siang Hardianto, terima kasih atas pertanyaannya.

Pencabutan gigi untuk kasus cabut sekali 3 bisa - bisa saja dilakukan asalkan berada di regio/daerah yang sama, jadi apabila ingin dicabut di gigi sebelah atas kiri, berarti hanya bisa bagian itu saja dan bagian kiri bawah. Hal ini ditujukan agar Anda dapat mengunyah makanan pada gigi bagian sebelah kanan nantinya. Namun yang yang perlu Anda ketahui bahwa pencabutan ini hanya boleh dilakukan sesuai dengan persetujuan dokter yang menangani Anda.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan juga mengenai ada atau tidaknya penyakit penyerta/sistemik yang Anda miliki, jadi apabila Anda menderita penyakit seperti hipertensi, jantung, diabetes dan beberapa penyakit lainnya, maka semua ini perlu persetujuan dari dokter penyakit dalam. Untuk pertanyaan apakah akan dijahit atau tidak, nantinya akan dilihat sesuai dengan keadaan klinis soket gigi Anda setelah pencabutan. Namun biasanya pencabutan seperti ini pasti akan dijahit nantinya, untuk menghindari pendarahan.

Sekian informasi yang bisa Saya berikan, semoga berguna

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


05 November 2019
Irma bertanya :

Dok gigi bawah saya yang sebelah kiri kan ada yang bolong, terus disampingnya emang udah bolong juga gigi nya tapi udah seminggu ini itu gusinya bengkak kadang berdarah juga kadang sakit juga kalo beradu sama gigi atasnya nyut nyutan gitu,saya mesti gimana ya dok makan pake gigi yang sebelah kanan jadinya, kalo mau beli obat, obat apa yang bisa ngilangin nyeri di gusi ya dok?

drg. Benedict Natanael Sunarja menjawab:

Selamat Siang Irma, terima kasih atas pertanyaannya.

Pada kasus Anda, apabila terdapat gigi yang berlubang yang tidak dilakukan perawatan seperti perawatan saraf akar, atau penambalan dari dini/seawal mungkin, maka mungkin sekali menyebabkan infeksi pada bagian akar gigi. Infeksi ini dapat menyebabkan terjadinya abses ataupun infeksi seperti pupla polip atau orang awam lebih mengenal dengan daging yang tumbuh di dalam gigi.

Saran saya untuk menghilangkan rasa sakit yang sedang Anda alami sekarang, Anda perlu melakukan perawatan gigi agar bakteri yang terjebak di saluran akar dapat segara teratasi dan infeksi pun cepat reda.

Obat-obatan seperti obat pereda nyeri (analgesik) atau antibiotik lainnya hanya akan bersifat sementara dan tidak akan efektif untuk mengobati rasa sakit Anda secara tuntas apabila tidak di barengi dengan perawatan gigi.

Sekian informasi yang bisa Saya berikan, semoga berguna

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."

 

Showing 31 - 40 of 159