10 March 2020
Meiska mayang sari bertanya :

Obat apa yang aman dan nyaman digunakan oleh ibu menyusui ketika sakit gigi berlubang? Berapa jeda waktu agar gigi yang sudah hampir habis terrsebut bisa dicabut?

Drg. Sella Prininta menjawab:

Alo, Meiska mayang sari

Pada ibu menyusui, melakukan perawatan seperti penambalan, pencabutan, atau perawatan saliran akar sangat boleh dilakukan. Pemberian obat-obat sistemik pada ibu menyusui perlu diperhatikan karena beberapa obat tidak boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui. Pemberian obat sebaiknya dilakukan setelah pemeriksaan dengan dokter gigi sehingga dokter dapat memberikan perawatan dan obat yang sesuai. Pencabutan dapat dilakukan setelah gigi sudah tidak sakit, apabila terdapat bengkak pada gusi, pencabutan umumnya dilakukan setelah bengkak telah hilang

Semoga bermanfaat

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


10 March 2020
Arnisa bertanya :

Alodokter, Apakah gigi geraham bungsu memang harus di bedah? Apa tidak bisa dicabut saja?? Kenapa gigi saya menjadi ngilu sebab saya belum mengambil tindakan dengan gigi geraham saya?

Drg. Sella Prininta menjawab:

Alo, Arnisa

Gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga yang tumbuh pada usia 15 sampai 25 tahun. Pertumbuhannya seringkali bervariasi pada setiap orang tergantung dari sisa ruang pada rahang atas maupun bawah, maka dari itu gigi bungsu seringkali tumbuh miring, sebagian, atau tidak tumbuh sama sekali.

Apabila sisa ruang pada rahang atas maupun bawah cukup untuk gigi bungsu tumbuh, pada umumnya gigi akan tumbuh secara normal. Hal tersebut adalah hal yang tidak perlu dikhawatirkan.

Beberapa keluhan yang sering terjadi mengenai gigi bungsu diantaranya pusing kepala sebelah, kesulitan membuka rahang, gusi membengkak, dan rahang terasa pegal. Keluhan tersebut umumnya terjadi karena gigi bungsu tumbuh miring atau tumbuh sebagian sehungga menekan gigi-gigi sebelahnya. Apabila mengalami keluhan tersebut sebaiknya memeriksakan ke dokter gigi untuk melakukan pencabutan. Pencabutan gigi bungsu yang tumbuh miring diperlukan operasi kecil (odontektomi), yaitu pembukaan gusi untuk jalan keluar gigi. Apabila gigi tumbuh dalam keadaan normal dan harus dicabut, tindakan nonbedah kemungkinan dapat dilakukan.

Semoga bermanfaat

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


10 March 2020
Khotijah bertanya :

Assalamualaikum Dokter? Gigi geraham saya kan bolong jadi kalo buat buat ngunyah makanan seeing sakit karena seara ada dagiing yang menonjol diarea lubang gigi,setelah konsultasi ke dokter gigi dokter menyarankan untuk dicabut,nah setelah 3 hari dikasih obat saya langsung cabut gigi. Pertanyaanya dok ini udah 1 minggu obat pun sudah habis tapi kok masih nyeri dan gusi sedikit bengkak pada bekas cabutan,selain obat apa ada makanan yang bisa mempercepat pemulihan gusi dok? Trus kira kira berapa hari luka sembuh? Trimakasih

Drg. Sella Prininta menjawab:

Alo, Khotijah

Penyembuhan luka pasca pencabutan ada suatu proses yang terdiri dari beberapa fase yang terjadi secara bersamaan.

Segera setelah gigi dicabut, soket akan terisi darah dari pembuluh darah yang terputus pada jaringan penyangga gigi. Setelah itu baru akan terbentuk gumpalan darah kurang lebih 24 jam. Gumpalan darah itulah yang akan melindungi soket dari bakteri dan mensterilkan luka.

Pada minggu 4 biasanya luka akan mengalami tahap akhir penyembuhan. Tulang dan jaringan penyangga gigi sudah tertutup sempurna.

Proses pencabutan gigi yang memerlukan tindakan pengeboran tulang atau pembukaan gusi, biasanya memberi efek lebih nyeri setelah pencabutan. Seperti pencabutan gigi geraham belakang, biasanya akan menimbulkan bengkak pada gusi setelah pencabutan gigi. Pencabutan gigi dengan penyulit seperti gigi yang disertai polip pulpa juga dspst mengakibatkan luka bekas pencabutan lebih bessr sehingga memerlukan waktu penyembuhan yang lebih lama.

Bengkak pasca pencabutan pada umumnya akan hilang dalam beberapa hari. Konsumsi obat antibiotik yang diberikan dokter juga dapat membantu mempercepat masa penyembuhan pasca pencabutan. Tidak memainkan luka dsn selalu menjaga kebersihan luka akan membantu luka bekas pemcabutan kembali normal. Konsultasikan ke dokter gigi apabila bengkak tidak kunjung hilang dalam satu bulan.

Semoga bermanfaat

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


10 March 2020
Juliyanti Sondang Maria bertanya :

Selamat sore dok, Kali ini saya mau konsul masalah gigi yang terjadi pada putri saya, usia 10 tahun, saat balita susunan giginya rapih, beranjak besar sering kali gigi permanen tumbuh lebih dahulu namun gigi susunya belum tanggal atau goyang, sehingga giginya berantakan sekali dan mengalami kesakitan akibat cabut paksa bahkan saat inipun masih ada gigi double, dia tidak mau di cabut karena sakit...kasihan saya melihatnya dok, gimana cara terbaik biar putri saya nyaman..dan apa penyebabnya gigi susu tersebut sulit sekali tanggal..? Satu pertanyaan lagi dok, tindakan apa yg perlu dilakukan kondisi gigi putri saya selain berantakan, gigi pada rahang bawah lebih maju dari gigi pada rahang atas, apakah ini merupakan suatu kelainan dok? Mohon pencerahannya, terimakasih

Drg. Sella Prininta menjawab:

Alo, Juliyanti Sondang Maria

Pertumbuhan gigi permanen anak sangat tergantung dari pertumbuhan gigi susu. Gigi susu yang tanggal nantinya akan digantikan oleh gigi permanen. Pada usia 6 tahun gigi permanen mulai tumbuh dan saat itu pula gigi susu mulai tanggal.

Resorpsi akar gigi susu akan membuat gigi susu goyang dan benih gigi permanen akan mendorong gigi susu sehingga gigi susu tanggal. Tetapi apabila gigi susu telat tercabut, gigi permanen akan mencari jalur keluar lain sehingga gigi permanen tumbuh menjadi berantakan.

Gigi susu yang tidak tercabut pada akhirnya akan mengeras kembali sehingga biasanya akan mengalami kesulitan dalam pencabutannya. Selalu perhatikan tabel erupsi gigi permanen agar kita dapat mengetahui gigi susu mana yang akan tanggal dan segera lakukan pencabutan gigi saat gigi susu goyang.

Kelainan susunan gigi, seperti gigi rahan bawah lebih maju dibandingkan gigi rahang juga bisa terjadi akibat keterlambatan dalam pencabutan gigi susu sehingga merusak pertumbuhan gigi permanen. Konsultasikan pada dokter gigi untuk melihat perawatan apa yang dapat dilakukan sampai gigi permanen telah tumbuh lengkap

Semoga bermanfaat

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


10 March 2020
Ida Mariana bertanya :

Haloo Dokter, Assalamualaikum Saya mau bertanya bagaimana cara menghilangkan kerak yang menempel pada gigi. Terimakasih.

Drg. Sella Prininta menjawab:

Alo, Ida Mariana

Karang gigi adalah kumpulan plak yang mengeras karena lama tidak dibersihkan. Pada umumnya berwarna putih kekuningan bahkan dapat berubah menjadi abu kehitaman apabila berada di dalam mulut terlalu lama sehingga sisa-sisa warna makanan menempel.

Jika anda sudah merasa melihat gejala adanya penumpukan karang gigi, sebaiknya segeralah memeriksakan ke dokter gigi untuk pembersihan karang. Karang gigi yang tidak segera dibersihkan dapat merusak gigi sehingga membuat gigi berlubang, goyang, dan parahnya terlepas dari gusi. Gusi membengkak juga bisa menjadi salah satu tanda adanya penumpukkan karang pada gigi geligi, sehingga menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.

Selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan sikat gigi 2x sehari dengan pasta gigi berflouride, IPMP aktif, dan cek 6 bulan sekali ke dokter gigi untuk pembersihan karang gigi

Semoga bermanfaat

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


10 March 2020
Juliyanti Sondang Maria bertanya :

Selamat sore dok, Saya Ibu yang sedang menyusui, usia sekarang 40 tahun, semenjak kehamilan sampai saat ini selalu bermasalah dengan gigi,ada yang berlubang bahkan gigi graham saya yang belakang patah..padahal saya selalu menjaga kebersihan gigi dengan menyikat gigi sesuai aturan, yang saya ingin, apa penyebabnya ya dok..boleh tidak ibu yang menyusui mengkonsumsi obat sakit gigi? Ibu menyusui boleh nga tambal gigi?memasang kawat gigi atau membersihkan karang gigi? Terimakasih

Drg. Sella Prininta menjawab:

Alo, Juliyanti Sondang Maria

Ibu hamil sangat sensitif terkena penyakit gigi dan mulut khususnya radang gusi atau gingivitis karena adanya perubahan hormon saat hamil. Perubahan seperti mual muntah juga menyebabkan kondisi mulut asam sehingga gigi akan lebih cepat berlubang dan rapuh.

Apabila keadaan ini tidak ditangani besar kemungkinan kesehatan gigi dan mulut akan tetap buruk setelah melahirkan. Maka dari itu sebaiknya tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut saat hamil dan setelah hamil, yaitu saat menyusui.

Melakukan perawatan seperti penambalan, pencabutan, perawatan saluran akar, dan perawatan orthodonti boleh dilakukan saat menyusui. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah pertimbangan pemilihan obat apabila diperlukan.

Pasien sebaiknya memberitahukan kepada dokter gigi apabila sedang menyusui agar dokter dapat memberikan obat yang aman.

Semoga bermanfaat

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


10 March 2020
UMIYATI bertanya :

Hallo Dokter, selama ini saya punya masalah gigi sudah lebih dari 5th... masalahnya yaitu gigi paling belakang saya goyang ketika saya sakit gigi, tapi gigi itu akan kuat kembali dan tdk goyang ketika rasa sakit itu sudah hilang. Apa yg harus saya lakukan apakah saya harus mencabut gigi saya, atau mungkin ada obat atau pasta gigi khusus untuk mengobati masalah gigi saya ini???

Drg. Sella Prininta menjawab:

Alo, UMIYATI

Gigi goyang dapat disebabkan karena adanya penurunan gusi sehingga perlekatan gusi menjadi longgar.

Gigi berlubang yang terinfeksi sampai ujung akar dapat menyebabkan gigi goyang sehingga perlu adanya perawatan saluran akar pada gigi tsb.

Salah satu penyebab lain gigi mengalami kegoyangan adalah penumpukan karang gigi yang menyebabkan perlekatan gusi menjadi longgar. Pada faktor imunitas atau genetik, kerusakan tulang penyangga gigi yang besar juga dapat menyebabkan gigi goyang.

Pemeriksaan ke dokter gigi diperlukan untuk melihat seberapa besar derajat kegoyangan gigi. Kegoyangan gigi yang parah umumnya membutuhkan bantuan penyanggahan dengan kawat pada gigi - gigi sebelahnya untuk mempertahankan gigi dari terlepas dari soket. Apabila kerusakan atau penurunan gusi sudah sangat parah, pencabutan mungkin saja diperlukan.

Semoga bermanfaat

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


10 March 2020
Yessi marcellina bertanya :

Dok, sy mau tanya, gigi geraham saya kan sudah berlobang...setiap kali makan selalu sj ada makanan yg terselip dan menyebabkan gigi sy sakit. Pertanyaan saya...apakah harus ditambal atau dicabut saja ya. Klo ditambal dulu sudah pernah,,tp tmbalannya malah terkikis..akhirnya brlobang lagi. Trimakasih dok

Drg. Sella Prininta menjawab:

Alo, Yessi marcellina

Beberapa perawatan yang dapat dilakukan pada gigi yang berlubang, antara lain :

  1. Penambalan permanen dengan bahan tambal sewarna gigi. Gigi berlubang yang masih belum sampai ke saraf ditandai dengan rasa ngilu yang datang jika terdapat rangsangan, seperti saat mengkonsumsi minuman dingin atau makanan manis, lalu hilang setelah rangsangan hilang. Jika gigi masih dalam keadaan tsb biasanya dapat langsung ditambal dengan bahan tambal sewarna gigi.

  2. Perawatan saluran akar. Gigi berlubang yang telah mencapai pulpa atau lapisan gigi yang berisi pembuluh darah dan saraf, biasanya ditandai dengan rasa nyeri yang timbul tanpa adanya rangsangan. Jika gigi sudah dalam keadaan seperti itu, dokter gigi biasanya akan memberikan perawatan saluran akar terlebih dahulu untuk membersihkan bagian akar gigi dari bakteri. Kemudian setelah itu baru akan dilakukan penambalan atau perawatan mahkota gigi, tergantung dari seberapa besar kerusakan pada gigi.

  3. Pencabutan gigi Pencabutan dilakukan apabila gigi dalam keadaan berlubang besar dan sudah tidak dapat dilakukan perawatan, seperti mahkota hilang, lubang sampai ke akar, atau gigi goyang.

Semoga bermanfaat

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


10 March 2020
Junel zarikayanti bertanya :

Siang Dokter, Saya punya masalah dengan gusi bengkak didekat gigi yang berlubang? Kadang saking nyeri nya bisa membuat sakit kepala Apakah penyebab gusi bengkak tersebut? Terimakasih

Drg. Sella Prininta menjawab:

Alo, Junel zarikayanti

Abses atau bengkak adalah suatu keadaan infeksius dimana bakteri berkumpul, biasanya membengkak dan berisi cairan pus / nanah pada daerah gusi. Abses dibedakan berdasarkan letaknya, penyebarannya (akut atau kronis), dan jumlah nya.

Beberapa ciri-ciri gigi yang dapat terkena abses :

  • gigi yang berlubang besar yang sudah mati, atau tidak merasakan ngilu sama sekali apabila terkena rangsangan
  • sisa akar gigi
  • gigi dengan plak dan kalkulus yang banyak
  • gigi yang tumbuh sebagian

Abses biasanya akan hilang dengan obat antibiotik dan analgesik atau dokter gigi umumnya akan melakukan pengambilan jaringan di daerah yang terinfeksi tsb. Setelah itu baru akan dilakukan rencana perawatan berikutnya sesuai dengan keadaan gigi nya. Gigi atau gusi yang sudah terkena abses jika tidak segera ditangani akan menyebabkan infeksi yang lebih serius. Segeralah periksakan keadaan anda ke dokter gigi akan mendapat penanganan yang tepat.

Semoga bermanfaat

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."


10 March 2020
Miyati atmasari bertanya :

Selamat siang donk saya mau tanya masalah gigi saya 6bln yg lalu saya melakukan tambal gigi dan kemarin itu waktu saya makan sakit bgt apakah boleh ganti tambalan haruskah periksa kedokter yg sama atau gimana ya?

Drg. Sella Prininta menjawab:

Alo, Miyati atmasari

Tambalan yang terasa sakit, dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti :

  • adanya celah / kebocoran pada tambalan
  • terdapat udara yang terpendam pada kavitas gigi sehingga menimbulkan rasa nyeri ketika menggigit
  • pembersihan bakteri pada kavitas gigi yang kurang bersih

Pada dasarnya tambalan berfungsi untuk menjaga agar bakteri tidak masuk kembali ke dalam kavitas gigi, selama mungkin. Kavitas yang besar dan jenis bahan tambal seringkali juga menjadi faktor ketahanan dari tambalan itu sendiri.

Anda dapat memeriksakan gigi anda kembali keoada dokter yang melakukan penambalan sebelumnya atau dengan dokter lain yang sesuai dengan preferensi anda.

Semoga bermanfaat

"Gigi kuat adalah awal untuk bangsa yang kuat."

 

Showing 61 - 70 of 480